Terapi bermain untuk melatih konsentrasi pada anak yang mengalami gangguan autis

Authors

  • Dwi Indahwati

DOI:

https://doi.org/10.22219/procedia.v1i1.1375

Abstract

Pada masa perkembangannya, anak-anak akan menjalani proses belajar yang akan mengarahkan pada pertumbuhan yang sempurna. Namun berbagai kendala tidak menutup kemungkinan menghalangi perkembangan anak. Seperti adanya gangguan autis yang sampai saat ini menjadi salah satu gangguan yang banyak dialami oleh anak-anak tanpa memandang etnis atau ras. Beberapa kriteria untuk yang menunjukkan gejala autis antara lain, adanya gangguan sosial dan emosional, gangguan komunikasi dan terdapat tindakan repetitif. Dalam penelitian ini melibatkan satu subyek yang memenuhi kriteria autis dalam DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder). Metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Intervensi dalam penelitian ini dilakukan dalam 4 sesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi gangguan sosial berupa melatih konsentrasi anak autis melalui terapi bermain. Permainan yang diberikan berupa alat permainan edukasi yang mempunyai manfaat untuk melatih konsentrasi anak. Setelah diberikan terapi, terdapat perubahan pada subjek yaitu terjadinya peningkatan
konsentrasi.

Kata kunci: Terapi bermain, konsentrasi, gangguan autis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Indahwati, D. (2013). Terapi bermain untuk melatih konsentrasi pada anak yang mengalami gangguan autis. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v1i1.1375