Latihan keterampilan sosial untuk meningkatkan penerimaan sosial pada anak dengan social (pragmatic) communication disorder
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v8i4.14788Keywords:
Social (Pragmatic) Communication Disorder, latihan keterampilan sosial, penerimaan sosial.Abstract
Social (Pragmatic) Communication Disorder (SCD) merupakan
gangguan komunikasi yang terjadi pada anak-anak. Subjek
berusia 8 tahun memiliki permasalahan kurangnya penerimaan sosial.
Berdasarkan hasil asesmen dengan menggunakan wawancara, observasi,
gras, dan WISC, subjek didiagnosa memiliki gangguan social
(pragmatic) communication disorder dengan permasalahan kurangnya
penerimaan sosial. Kurangnya penerimaan sosial yang terjadi
pada subjek diakibatkan subjek kurang mampu dalam interaksi
sosial. Intervensi yang digunakan pada kasus ini adalah dengan
latihan keterampilan sosial. Tujuan dari intervensi ini yaitu untuk
meningkatkan penerimaan sosial pada subjek yang memiliki social
(pragmatic) communication disorder. Hasil intervensi menunjukkan
perubahan yang lebih baik dari diri subjek. Subjek lebih diterima oleh
teman-teman sebayanya sehingga penerimaan sosial subjek meningkat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Baiq Sopia Iswari Azizah, Iswinarti .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.