Applied Behavior Analysis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak retardasi mental
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v2i1.16272Keywords:
Applied Behavior Analysis, komunikasi, retardasi mentalAbstract
Klien seorang anak perempuan berusia 10 tahun mengalami retadasi mental ringan. Asesmen yang dilakukan untuk mengdiagnosis klien dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan tes inteligensi menggunakan skala Weshcler. Hasil asesmen mengindikasikan klien memiliki IQ =62 dan memiliki perilaku malaadaptif yaitu kurang memiliki kemampuan berkomunikasi, sosial, kemampuan akademik yang berkembang lambat. Intervensi yang digunakan dengan memberikan terapi perilaku yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) yang berfokus untuk meningkatkan komunikasi dengan menggunakan expressive language. Pada intervensi ini diharapkan akan mampu menambah perbendaharaan kata, mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi
dengan orang lain. Hasil intervensi menunjukkan kurang efektif, karena keluarga kurang memberikan perhatian dan dukungan untuk perubahan klien menjadi lebih baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Nita Kusumaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.