Penerapan self management untuk mengatasi problem akademik mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v2i2.16288Keywords:
self-management, problem akademikAbstract
Subjek berusia 29 tahun adalah mahasiswa re-nim yang masih menyelesaikan studinya sejak tahun 2008 hingga saat ini tahun 2014. Mahasiswa re-nim umumnya memiliki berbagai permasalahan yang kompleks dalam menyelesaikan studinya yang belum bisa segera diselesaikan, Problem akademik tidak selalu dihubungkan dengan nilai namun banyak hal yang membuat seseorang memiliki problem tersebut. Penerapan teknik self-managemen pada kasus ini dilakukan untuk mengkontrol dan meningkatkan target yang ingin dicapai oleh subjek yaitu datang untuk bimbingan dosen sesuai jadwal. Self managemen merupakan strategi yang dilakukan dalam mengarahkan secara efektif pencapaian tujuan aktivitas yang dilakukan, dengan melibatkan teknik pemantauan
diri, reinforcement, kontrak atau perjanjian diri sendiri maupun modifikasi lingkungan. Hasil dari treatment yang dilakukan terbukti cukup dapat meningkatkan perilaku yang diinginkan subjek yaitu meningkatkan frekuensi bimbingan skripsi subjek dengan tujuan akhir dapat segera menyelesaikan studinya di periode wisuda berikutnya di tahun depan. Namun teknik ini masih ditemukan titik ketidak berhasilan di akhir evaluasi dan menyebabkan terhambatnya proses hal tersebut dikarenakan tidak adanya komitment dari subjek dan permasalahan psikologi lain yang menyertai.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Tri Wahyuning Tyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.