Meningkatkan kelancaran bicara pada anak disabilitas intelektual dengan terapi perilaku

Authors

  • Diny Rezki Amelia Rezki Amelia Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/procedia.v5i2.16379

Keywords:

Kelancaran bicara, Disabilitas intelektual, Expressive language

Abstract

Subjek berusia delapan tahun yang masih bersekolah di bangku kelas 1 sekolah dasar. Metode asesmen yang digunakan untuk mendiagnosa subjek menggunakan observasi, wawancara, dan tes intelegensi (WISC). Hasil asesmen menemukan bahwa subjek didiagnosa mengalami disabilitas intelektual ringan dan juga mengalami perkembangan akademik yang lambat selain itu bahasa verbal subjek juga tidak jelas sehingga menghambat interaksi subjek dengan lingkungan. Intervensi yang digunakan dengan memberikan terapi perilaku dengan metode Applied Behavior Analysis (ABA) menggunakan pendekatan expressive language yang berfokus untuk meningkatkan kelancaran bicara. Intervensi sebanyak 6 sesi dilakukan selama dua minggu. Tahapan terapi yang diberikan berupa menirukan ucapan, memberikan label pada suatu objek, mengucapkan kata sapaan, dan melatih menjawab pertanyaan sederhana dengan jelas. Hasil intervensi menunjukkan bahwa subjek mampu memiliki dan mengingat beberapa kata baru dan mengucapkan kata dengan jelas. Perubahan positif dalam kelancaran bicara dikarenakan adanya dukungan dari keluarga yang bersedia membimbing subjek dengan melakukan latihan seperti yang diberikan oleh terapis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-24

How to Cite

Rezki Amelia, D. R. A. (2017). Meningkatkan kelancaran bicara pada anak disabilitas intelektual dengan terapi perilaku. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 5(2), 38–44. https://doi.org/10.22219/procedia.v5i2.16379