KORELASI NILAI SELEKSI CALON MAHASISWA DAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Authors

  • Irma Suswati

DOI:

https://doi.org/10.22219/sm.v6i1.1005

Abstract

Problem based Learning (PBL) merupakan suat u metoda pembelajaran dimana mahasiswa sejak awal dihadapkan pada suatu masalah,
kemudian diikuti oleh proses pencarian inform asi yang bersifat student-centered, dengan  PBL diharapkan retensi ilmu mahasiswa m enjadi
tinggi dan mampu menerapkan ilmu untuk evaluasi dan mengelola pa sien di klinik serta mampu mengembangkan ilmu kedokteran. Data
lulusan Sarjana Kedokteran FK-UMM (lul us tepat waktu yaitu 4 tahun) angkatan 2001 – 2003 yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional / subject based pr osentase kelulusannya 24,3 – 25,7 %, dan da ta Indeks Prestasi Semester (IPS) Genap
mahasiswa FK TA 2007/2008 yang menggunakan system pembelajaran problem based learning : IPS (74,5%) < 2,75, (24,5%) IPS
2,76 – 3,49 dan IPS > 3,5 (0%). dari data tersebut prestasi akademik mahasiswa FK UMM sebagian  besar kurang dari 2,75, untuk
meningatkan prestasi akademik mahasiswa FK tentunya perlu input /calon mahasiswa yang baik. Tujuan  penelitian: mengetahui korel asi
nilai seleksi calon mahasiswa deng an indeks prestasi akademik mahasiswa FK-UMM. Rancangan penelitian menggunakan penelitian
diskriptif analitik dengan pendekatan  cross sectional. Subjek pene litian mahasiswa FK-UMM Angkatan Tahun 2008/2009. Data
primer menggunakan: hasil ujian masuk tes-1 (tes skolastik), test -2 (matematika, biologi, fisika , kimia), nilai DANEM/ijazah da n
Indeks Prestasi Semester. Analisa data menggunakan uji korela si spearmans. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa nilai ujian masuk tes-1, tes-2 dan nilai Danem/ijazah tidak ada hubunganny a dengan indeks prestasi akademik Mahasiswa FK-UMM.
 
Kata-kata kunci : Seleksi Calon Mahasiswa, Prestasi Akademik, Indeks Prestasi Semester, Tes Skolastik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-08-02