HUBUNGAN LETAK TEMPAT DUDUK DENGAN PENCAPAIAN NILAI AKHIR BLOK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMM ANGKATAN 2008
DOI:
https://doi.org/10.22219/sm.v8i1.4094Abstract
HUBUNGAN LETAK TEMPAT DUDUK DENGAN PENCAPAIAN NILAI AKHIR BLOK MAHASISWAFAKULTAS KEDOKTERAN UMM ANGKATAN 2008. Latar Belakang: Hasil kuliah yang maksimal dipengaruhi
letak tempat duduk. Mahasiswa yang duduk di depan mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang
duduk di belakang. Penelitian mengenai letak tempat duduk berpengaruh terhadap hasil akhir mahasiswa dengan
membandingkan rata-rata pencapaian nilai akhir mahasiswa yang duduk di barisan depan dan di barisan belakang.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara letak tempat duduk dengan pencapaian nilai akhir mahasiswa FK-UMM.
Metode: Retrospektif dengan pendekatan crossectional. Sampel mahasiswa mahasiswa FKUMM semester VII
sebanyak 80 mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah pakar selama 1 blok. Analisis data menggunakan
Kolmogorov – Smirnov , uji Levene, T – student independent.
Hasil: Rata-rata pencapaian nilai akhir mahasiswa yang duduk di tiga baris depan yaitu 66,32, sedangkan mahasiswa
yang duduk di tiga baris belakang yaitu 62,3. Pada hasil uji T-student independent didapatkan hubungan yang
bermakna antara letak tempat duduk dengan pencapaian nilai akhir blok.
Kesimpulan: Ada hubungan antara letak tempat duduk dengan pencapaian nilai akhir blok.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-03-19
Issue
Section
Article
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.