HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/sm.v12i2.5275Abstract
Anak-anak masa kini memiliki waktu bermain delapan jam lebih sedikit dibandingkan dua puluh tahun lalu dikarenakan aktivitas di luar jam sekolah yang padat. Salah satu akibatnya adalah muncul tanda-tanda kecemasan. Dari penelitian sebelumnya didapatkan siswa yang mengikuti banyak aktivitas di luar jam sekolah muncul adanya tanda-tanda kecemasan seperti jantung berdebar kencang dan keras (46,7%), merasa sukar berkonsentrasi pada saat melakukan kegiatan (43,3%) dan merasa sangat lemas/lesu/tidak memiliki tenaga (43,3%) dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti banyak aktivitas di luar jam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat aktivitas ekstrakurikuler terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner Revised Children’s Manifest Anxiety Scale (RCMAS). Analisis hubungan dilakukan dengan menggunakan uji komparasi Kruskal Wallis dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 56% responden memiliki tingkat aktivitas ekstrakurikuler tinggi. Responden yang mengalami kecemasan, sebanyak 27% , memiliki tingkat aktivitas ekstrakurikuler tinggi. Ekstrakurikuler terbanyak yang diikuti adalah tambahan mata pelajaran (53%).
Kata kunci: Tingkat ekstrakurikuler, tingkat kecemasan, anak
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.