Validitas Prediktif Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran dengan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter

Authors

  • Irma Suswati
  • Rahayu Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.22219/sm.Vol15.SMUMM1.8485

Keywords:

Prediksi, Hasil Belajar, IPK, UKMPPD.

Abstract

Angka ketidaklulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter setiap periode sekitar 1750-2000.Tahun 2017 terdapat 400 orang retaker tetap belum berhasil lulus. Peserta retaker di FK-UMM mengalami peningkatan dengan jumlah total 18 peserta, agar jumlah retaker tidak mengalami kenaikan maka perlu dicari prediktor hasil belajar yang mempengaruhi kelulusan UKMPPD. Rancangan penelitian diskriptif analitik dengan cross sectional. Sampel mahasiswa FK-UMM yang memiliki nilai UKMPPD tahun 2016-2017. Pengambilan sampel dengan jalan total sampling. Variabel independent:IPK-TA dan IPK-TP, Nilai CIA, Nilai BM dan Nilai TO AIPKI dan variabel dependent:UKMPPD (MCQ-CBT dan OSCE). Data di uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas, kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier dan regresi linear ganda menggunakan statistik SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai IPK-TA dan IPK-TP dapat digunakan sebagai prediktor kelulusan UKMPPD MCQ-CBT dan OSCE. Hasil nilai CIA, BM dan TO AIPKI dapat digunakan sebagai prediktor UKMPPD MCQ-CBT dan CIA sebagai prediktor UKMPPD OSCE. Kelima variabel  yaitu IPK-TA, IPK-TP, CIA, BM dan TO AIPKI dapat digunakan sebagai prediktor kelulusan UKMPPD MCQ-CBT (38,1%) dan OSCE (30,9%). IPK-TA sebagai prediktor yang sangat signifikan 0,000<0,01 mempengaruhi kelulusan UKMPPD MCQ-CBT dan OSCE, CIA sebagai prediktor yang sangat signifikan 0,000<0,01 mempengaruhi kelulusan UKMPPD OSCE. Kesimpulan IPK-TA, IPK-TP,CIA, BM dan TO AIPKI adalah prediktor UKMPPD yang baik dan IPK-TA merupakan prediktor yang lebih baik untuk MCQ-CBT dan OSCE, sedangkan CIA sebagai prediktor yang lebih baik untuk OSCE.


Downloads

Download data is not yet available.

References

................, 2015. Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Jakarta.aktivasi.pnukmppd.dikti.go.id/berita/13-Panduan-Uji-Kompetensi-Mahasiswa-Program-Profesi-Dokter

…………, 2017. Panduan Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. UMM Press.

Dirjendikti, 2008. Penilaian Hasil Belajar. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Indriasari E, 2014. Pengaruh FaktorInternal dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS N 02 Semarang. Journal of Educational Social Studies. Jess 3 (2). Hal 19-22

Konsil Kedokteran Indonesia, 2006. Standar Pendidikan Profesi Dokter. Jakarta

Konsil Kedokteran Indonesia, 2006. Standart Kompetensi Dokter. Jakarta

Pusparini M, Imaningdyah A, AndayaniSH, Mahardhika ZP, Miranti DD, 2016. Hubungan antara IPK Program Sarjana Kedokteran dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa FKUY. JK Unila Volume 1 Nomor 2. Hal 235-242

Putra RPP, Widiastuti IAE, Affarah WS, 2014. Hubungan antara Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Unram Medical Journal Vol 3 No 1.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya. Hal 132-139.

Selvandega WP, Priharsanti N, Kristina, 2011. Hubungan antara Indeks Prestasi Kumulatif dengan Nilai UKDI pada Program Pendidikan Dokter: Studi Kasus di FK Undip. Artikel Karya Tulis Ilmiah. eprints.undip.ac.id/37248/

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suswati I, 2012. Korelasi Hasil Uji Kompetensi Dokter Indonesia dengan Indeks Prestasi Kumulatif dan Lama Studi. Laporan Penelitian P2I. Malang

Suswati I, Safithri F, 2018. Model Pembimbingan Retaker UKMPPD: Kegiatan Mentoring, Mandiri dan Monitoring dalam Upaya Meningkatkan Kelulusan. Journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pro/article/view/1506

Tim Ahli UKMPPD, 2016. Rekomendasi Solusi untuk Penyelesaian Isu Implementasi Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Pendidikan dan Tehnologi

Ulfa A, Isnayanti D, 2017. Perbedaan Prestasi Belajar pada Mahasiswa yang Mengikuti Grand Remedial di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ibnu Sina Biomedika Volume 1,No 2. Hal 124-146

Wicaksono, A. 2012. Hubungan Antara Indeks Prestasi Kumulatif dan Nilai Uji Kompetensi Dokter Indonesia pada Dokter Lulusan Universitas Tanjungpura. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1.

Downloads

Published

2019-06-29

Issue

Section

Article