Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Authors

  • Ismi Visa Azizy
  • Irma Finurina Mustikawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Maria Ulfa

DOI:

https://doi.org/10.22219/sm.Vol15.SMUMM1.8488

Keywords:

Tipe Kepribadian, Tingkat Kecemasan, Prestasi Akademik.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap bangsa dan untuk menopang kemajuan suatu bangsa terutama di negara Indonesia yang masih dalam taraf negara berkembang. Perkembangan manusia di Indonesia semakin menurun. Peringkat pendidikan menurut data United Nationals Educations and Scientifics Cultures Organization (UNESCO). Peringkat pendidikan dunia atau World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2015  Indonesia menempati peringkat  57 dari 65 negara. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pendidikan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal dari mahasiswa antara lain kepribadian. Kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara fisik dan psikis. Kepribadian dapat memengaruhi kecemasan seseorang, dimana tingkat kecemasan yang tinggi dapat berdampak pada rendahnya prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 145 sampel menggunakan metode total sampling. Data di analisis menggunakan analisis bivariat uji eta, uji gamma dan analisis multivariat yaitu uji regresi ordinal. Dari hasil yang didapatkan tidak terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan prestasi akademik dengan nilai p value 0,099 dan terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik dengan nilai p value 0,025. Didapatkan hasil bahwa semakin rendah tingkat kecemasan maka semakin tinggi prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulghani, H.M. (2011). Stress and its effects on medical students: a cross-sectional study at a college of medicine in Saudi Arabia. JHPN. 29(5): 516-522.

Afolayan, J.A., Donald, B., Onasoga, O., Babafemi, A., & Juan, A. (2013). Relationship between anxiety and academic performance of nursing students niger delta university. AASR. 4(5), 25-33.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud). (2015). Survei internasional PISA. Litbang Kemdikbud [online]. Tersedia dalam: http://www.litbang.kemdikbud.go.id. [2 Agustus 2016].

Darjono, A., Nisaa, U., & Mursi, A. (2010). Analisis hubungan tingkat kecemasan dan gaya hidup sehat terhadap indeks prestasi pada mahasiswa fakultas kedokteran gigi unissula. MISA. 48(10), 1-12.

Deasyana, A. (2008). Hubungan Tipe Kepribadian dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta. Jakarta: Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

Greene, Jeffrey, A., Cartiff, Brian, M., Duke, Rebekah, F. (2018). A meta-analytic review of the relationship between epistemic cognition and academic achievement. JEP.

Hernández, Maciel, M., Eisenberg, Nancy, Valiente, Carlos, Thompson, Marilyn S., Spinrad, Tracy, L., Grimm, Kevin J., Van, S., Sarah, K., Berger, Rebecca H., Silva, Kassondra, M., Pina, Armando, A., Southworth, Jody, Gal, Diana, E. Trajectories of the expression of negative emotion from kindergarten to first grade: Associations with academic outcomes. (2018). JEP. 110(3), 324-337.

Jang, J.S., Hwang, W.W., & Cho, S.H. (2016). Relationship between personality type and academic achievement of Korean medical students. JPPKM. 30(1), 61-65.

Syokwaa, S.K.A., Aloka, P.J.O., & Ndunge, S.N.F. (2014). The relationship between anxiety levels and academic achievement among students in selected secondary schools in Lang’ata district Kenya. MCSER Publishing. 4(3), 403-413.

Vitasari, P., Wahab, M.N.A., Othman, A., Herawan, T., & Sinnadurai, S.K. (2010). The relationship between study anxiety and academic performance among engineering students. ICMER. 8, 490-497.

Downloads

Published

2019-06-29

Issue

Section

Article