Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.22219/sm.Vol15.SMUMM1.8488Keywords:
Tipe Kepribadian, Tingkat Kecemasan, Prestasi Akademik.Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap bangsa dan untuk menopang kemajuan suatu bangsa terutama di negara Indonesia yang masih dalam taraf negara berkembang. Perkembangan manusia di Indonesia semakin menurun. Peringkat pendidikan menurut data United Nationals Educations and Scientifics Cultures Organization (UNESCO). Peringkat pendidikan dunia atau World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 57 dari 65 negara. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pendidikan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal dari mahasiswa antara lain kepribadian. Kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara fisik dan psikis. Kepribadian dapat memengaruhi kecemasan seseorang, dimana tingkat kecemasan yang tinggi dapat berdampak pada rendahnya prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 145 sampel menggunakan metode total sampling. Data di analisis menggunakan analisis bivariat uji eta, uji gamma dan analisis multivariat yaitu uji regresi ordinal. Dari hasil yang didapatkan tidak terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan prestasi akademik dengan nilai p value 0,099 dan terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik dengan nilai p value 0,025. Didapatkan hasil bahwa semakin rendah tingkat kecemasan maka semakin tinggi prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Downloads
References
Abdulghani, H.M. (2011). Stress and its effects on medical students: a cross-sectional study at a college of medicine in Saudi Arabia. JHPN. 29(5): 516-522.
Afolayan, J.A., Donald, B., Onasoga, O., Babafemi, A., & Juan, A. (2013). Relationship between anxiety and academic performance of nursing students niger delta university. AASR. 4(5), 25-33.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud). (2015). Survei internasional PISA. Litbang Kemdikbud [online]. Tersedia dalam: http://www.litbang.kemdikbud.go.id. [2 Agustus 2016].
Darjono, A., Nisaa, U., & Mursi, A. (2010). Analisis hubungan tingkat kecemasan dan gaya hidup sehat terhadap indeks prestasi pada mahasiswa fakultas kedokteran gigi unissula. MISA. 48(10), 1-12.
Deasyana, A. (2008). Hubungan Tipe Kepribadian dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta. Jakarta: Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.
Greene, Jeffrey, A., Cartiff, Brian, M., Duke, Rebekah, F. (2018). A meta-analytic review of the relationship between epistemic cognition and academic achievement. JEP.
Hernández, Maciel, M., Eisenberg, Nancy, Valiente, Carlos, Thompson, Marilyn S., Spinrad, Tracy, L., Grimm, Kevin J., Van, S., Sarah, K., Berger, Rebecca H., Silva, Kassondra, M., Pina, Armando, A., Southworth, Jody, Gal, Diana, E. Trajectories of the expression of negative emotion from kindergarten to first grade: Associations with academic outcomes. (2018). JEP. 110(3), 324-337.
Jang, J.S., Hwang, W.W., & Cho, S.H. (2016). Relationship between personality type and academic achievement of Korean medical students. JPPKM. 30(1), 61-65.
Syokwaa, S.K.A., Aloka, P.J.O., & Ndunge, S.N.F. (2014). The relationship between anxiety levels and academic achievement among students in selected secondary schools in Lang’ata district Kenya. MCSER Publishing. 4(3), 403-413.
Vitasari, P., Wahab, M.N.A., Othman, A., Herawan, T., & Sinnadurai, S.K. (2010). The relationship between study anxiety and academic performance among engineering students. ICMER. 8, 490-497.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.