Inovasi Pendidikan Berbasis Masyarakat : Studi Kasus terhadap Pesantren Nurul Hakim Kediri

Authors

  • Zaenudin .

Keywords:

Kata Kunci, Inovasi, pesantren, program kelas khusus

Abstract

ABSTRACT Nurul Hakim Boarding School located in Kediri village, West Lombok, West Nusa Tenggara. This
Boarding School is as one of the creative boarding schools in developing innovative educational programs. One of
the innovations undertaken by the pesantren was organizing Special Class Program, which opened in July 17, 1995.
Opening this program was a follow-up result of an evaluation of the alumni of the 1990s, that the alumni who continuing
their education into college in religious studies and mostly in social sciences, very rarely choosen natural
sciences, as well as medical science. Special Class program is available for students from Elementary level or MI.
Special students will study in six years through very selective in the process of selection. This special calss also have
particular curriculum which different with regular tsanawiyah madrasah or Islamic Senior High School class in the
Nurul Hakim Islamic Boarding School in Kediri.
Key words: Innovation, Pesantren, Special Class Program
ABSTRAK Pondok Pesantren Nurul Hakim yang terletak di Desa Kediri, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat,
merupakan salah satu pondok pesantren yang kreatif dalam mengembangkan inovasi program pendidikan. Salah satu
inovasi yang dilakukan oleh pesantren adalah ini penyelenggaraan Program Kelas Khusus yang dibuka 17 Juli 1995.
Pembukaan program ini merupakan tindak lanjut hasil evaluasi terhadap alumni tahun 1990-an, bahwa alumni yang
melanjutkan studinya ke perguruan tinggi agama maupun umum kebanyakan mengambil jurusan-jurusan sosial, sangat
jarang yang bisa masuk ke jurusan eksakta seperti kedokteran. Program Kelas Khusus diperuntukkan bagi siswa
yang berasal dari SD atau MI yang kemudian mereka belajar selama enam tahun dengan proses seleksi yang ketat,
mempuyai kurikulum tersendiri, mempuyai program tersendiri yang berbeda dengan madrasah tsanawiyah maupun
madrasah aliyah kelas umum yang ada di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri.
Kata Kunci: Inovasi, pesantren, program kelas khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

A’la, Abd. (2006). Pembaharuan Pesantren. Yogyakarta: LKIS.

Arif, Mahmud. (2007). Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKIS.

Arifin, Muhammad. (1991). Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan

Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, Azyumardi. (1999). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.

Jakarta: Logos.

Barnadib, Imam. (1990). Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode. Yogyakarta: Yayasan Penerbit

IKIP Yogyakarta.

Bawani, Imam. (1427). Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Kebudayaan Islam. Ponorogo: ISID.

Bruinessen, Martin Van. (1999). NU: Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa, Pencaraian Wacana Baru.

Yogyakarta: LKIS.

Billah. (1985). “Pikiran Awal Pengembangan Pesantren,” dalam M. Rahardjo (ed.). Pergulatan

Dunia Pesantren Membangun dari Bawah. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren

dan Masyarakat.

Dhofier, Zamakhsyari. (1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:

LP3ES.

Dhofier, Zamakhsyari. (2009). Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas Untuk Kemajuan Bangsa.

Yogyakarta: Nawesea Press

Siradj, Said Agil. (2007). Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: Departemen Agama

RI.

Fadjar, Malik. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

Hajar, Ibnu. (2009). Kiai di Tengah Pusaran Poltik Antara Petaka dan Kuasa. Jogjakarta: IRCi-

Sod.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hasbullah. (1996). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.

Iskandar, Muhammad. (2001). Para Pengemban Amanah: Pergulatan Pemikiran Kyai dan Ulama’

di Jawa Barat, 1900-1950. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Ishomuddin. (1996). Spektrum Pendidikan Islam Retrospeksi Visi dan Aksi.Malang: UMM Press.

Karim, Asrori. (1999). Civil Society dan Ummah, Sintesa Diskursif Rumah Demokrasi. Jakarta:

Logos Wacana Ilmu.

Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.

Khoiruddin. (2001). Para pengemban Amanah: pergulatan Pemikiran Kiyai dan Ulama’di Jawa

Barat, 1900-1950. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Khozin. (2001). Jejak-Jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: Umm Press

Madjid, Nurcholish. (1997). Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Dian Rakyat.

Mas’ud, Abdurrahman. (2004). Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta:

LkiS.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: IPB Bogor dan INIS.

Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo.

Muthohar, Ahmad. (2007). Ideologi Pendidikan Pesantren. Semarang: Rizki Putra.

Moleong, J. Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nahrawi, Amiruddin. (2008). Pembaharuan Pendidikan Pesantren.Yogyakarta: Gama Media.

Nana, Syaodih. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Nasir, Muhammad. (1973). Kapita Selekta. Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, Abuddin. (1996). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Prasodjo, Soedjoko. (1982). Profil Pesantren: Laporan Hasil PenelitianPesantren al-Falah dan

Pesantren Lain di Bogor. Jakarta: LP3ES.

Rahardjo, M Dawam (Ed.) (1980). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.

Downloads

Issue

Section

Editorial