Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Karakter SiswaAbstract
ABSTRACT Today, the teachers who teach the Education of Islamic Religion (PAI) tend to emphasise an academicachievement and ignore the values of the characters. That is not surprisingly, if many among students that have demonstrate
moral crisis along with the rise of anti-social behaviors, such as; student violence, theft, murder, plagiarism,
abuse, fights, drug abuse, cheating, and other kinds of immorality. In order to face these problems, the teachers of
the Education of Islamic Religion have an important position in shaping the character of students, in such a way that
their students will become human beings who have good character and quality.
Keyword: Education, Education of Islamic religion, Student Character
ABSTRAK Dewasa ini, guru yang mengajarkan Pendidikan Agama Islam cenderung menekankan pada pencapaian
prestasi akademik dan cenderung mengabaikan nilai-nilai karakter. Maka, tidak heran, jika banyak di kalangan siswa
yang mengalami krisis moral yang ditunjukkan dengan maraknya perilaku yang anti sosial, seperti; tawuran antar
peserta didik, pencurian, pembunuhan, plagiarisme, penganiayaan, perkelahian, penyalahgunaan narkoba, menyontek,
serta perbuatan amoral lainnya dikalangan peserta didik. Menghadapi persoalan tersebut, guru Pendidikan Agama
Islam memiliki posisi penting dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga mereka menjadi manusia yang memiliki
karakter yang baik dan berkualitas.
Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa
Downloads
References
Daftar Pustaka
Amirin, Tatang, dkk., (2011). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Amri, Sofan, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran: Strategi
Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi
Pustakarya.
Aqib, Z., Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Rama Widya.
Asmanai, J. Ma’mur. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta:
DIVA Press.
Baqi, Aabdul. F.B. (2012). Al-Lu’lu’ Wal Marjan (Mutiara Hadits Sahih Bukhari dan Muslim). Jakarta:
Ummul Qura.
Djamarah, B. Syaiful. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka
Cipta.
Durkheim, Emile. (1990). Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan.
Jakarta: Erlangga.
Emzir. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Fitri, Agus Z. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakater Berbasis Nilai dan
Etika di Sekolah. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Imlpementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kemendiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Jakarta:
Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Panduan Pelaksanaan
Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Khozin. (2001). Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: UMM Press.
Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam (Nasrullah)
Kin, Robert K. (2011). Studi Kasus Desain dan Metode. Terj. M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: Rajawali
Pers
Lickona, Thomas. (2013), Mendidik Untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah Dapat
Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Terj. Juma Abdu Wamaungo,
Jakarta: Bumi aksara
Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompentensi Konsep
dan Implemenatasi Kurikulum 2014. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2005). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Makusum, Ali. (2011). Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama
Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.
Minarti, Sri. (2013). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikasi-Normatif. Jakarta:
Amzah.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-
Ruzz Media.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah,
dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhaimin. (2012). Pradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam
di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan
Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. (Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslim, Banun, S. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru.
Bandung: Alfabeta.
Nata, Abuddin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia
Partanto, Pius, Barry dan Dahlan. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola
Roqib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah,
Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS.
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Salahudin, Anas. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa.
Bandung: Pustaka Setia.
Samani, Muchlas, Hariyanto. (2012). Konsepdan dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2008). Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan
Fazlur Rahman). Yogyakarta: Kota Kembang.
Syafaat, Aat. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja.
Jakarta: Rajawali Pers.
Tafsir, Ahmad. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taufiq, Ahmad, Rohmadi, Muhammad. (2011). Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Yuma
Pressindo.
Tobroni. (2008). Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM
Press
Tobroni. (2010). The Spiritual Leardership: Meraih Kekokohan Spiritualitas Menggapai Keberhasilan
Kepemimpinan. Malang: UMM Press.
SALAM Volume 18 No. 1 halaman 1-183, Malang, Juni 2015
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
(2003)
Yamin, Martinis. (2009) Profesional Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Zuhairini. (1994). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.
Zuhairini. (2012). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akhyar M. Nur. Pelajar SMA Bacok Guru dan Rekannya di Sekolah, 22 Agustus 2013, http://
tempo.co, diakses, tanggal, 23/10/2013.
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1, diakses, tanggal,
/03/2014.
Yan Putra Bryan, Video: Adegan Bentrokan SMA kota Bima, 17 Mar 2012, http://www.youtube.
com, diakses, tanggal, 23/10/2013.
Perkelahian Siswi di Kota Bima, 23 Juli 2012, http://www.youtube.com, diakses, tanggal,
/10/2013.
Software, Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI Offline 1.3
Software, (2004). Al-Qur’an Digital, Versi 2.0.