AN ANALYSIS OF MULTICULTURALISM BASED RELIGION EDUCATION MODEL THROUGH EXPERIENTIAL LEARNING APPROACH: Experience of Some Universities
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu model-teoritik pendidikan agama yang berbasis multikulturalisme dengan pendekatan experiential learning di perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa dengan berbagai macam latar belakangagama. Berdasarkan studi pendahuluan, dipilih tiga perguruan tinggi sebagai kasus: Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. Penelitian difokuskan kepada empat unsur utama pendidikan agama yang berbasis
multikultur, yaitu: (1) Konsep dasar filosofis pendidikan; (2) Konsep dasar-dasar kurikulum; (3) Rancangan menejemen kelas; dan (4) Penciptaan lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan, wawancara-mendalam, dan dokumentasi. Setelah dilakukaan analisis data, penelitian ini menghasilkan temuan sebagai sebagai berikut: (1) Perguruan tinggi yang diteliti memahami paradigma multikulturalisme sebagai strategi untuk membangun kesepahaman dan toleransi antarumat beragama; (2) Kurikulum pendidikan agama yang dikembangkan oleh perguruan tinggi yang diteliti adalah suatu kurikulum yang dapat menanamkan keyakinan agama sendiri sekaligus memahami agama orang lain tanpa harus terjebak ke dalam apa yang disebut negative truth claim ; (3) Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran yang dapat menciptakan ketertarikan serta menanamkan kesepahaman antarmahasiswa yang memiliki latar belakang agama berbeda.
Downloads
Download data is not yet available.