Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Inti Lilitan Pada Magnet Remanen Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel Satu Silinder 8 HP

Authors

  • Wahyu Dianto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiawan

Keywords:

(SFC) Motor Diesel Satu Silinder , Daya, Torsi, Pengaruh Variasi inti lilitan Magnet Remanen, (SFC) Variation of Single Cylinder Diesel Engine, power, Torque, Effect of Remanent magnet

Abstract

                                                                                                        Abstract.

       The development of automotive technology today has achieved very rapid progress. Various technological innovations continue to be made in order to keep up with increasing human mobility, including in the field of land transportation. This is because the use of fossil fuels is currently increasing, meanwhile, world oil reserves are increasingly limited, especially oil reserves in Indonesia, which are estimated to be available at 3.6 billion barrels. One of the alternative ways that can be used to reduce fuel consumption without compromising the performance of the engine is the process of "ionization of the magnetic field" in the fuel line in the hope that the electrons will no longer orbit the atomic nucleus and leave the molecule so that the atomic bonds in the molecule will be released and become charged. . This results in a combustion process that uses magnets in the flow of diesel fuel which can improve the performance of diesel engines and produce exhaust emissions that are environmentally friendly. The author intends to investigate the Effect of Core Winding Variations on Remanent Magnets on the Performance of Single Cylinder Diesel Motors based on these problems. The purpose of this research is to find out how the effect of the coil core on the remanent magnet on Torque, Power, and Specific Fuel Usage (Sfc). In this study the authors used experimental methods. The results showed that the use of remanent magnets in diesel engines by using windings on the fuel line can increase torque, power and specific fuel consumption (SFC). coils with iron pipes, namely the increase reached 4.09% for torque, 4.09% for power and for sfc decreased to 10.09% from standard conditions.

                                                                                                             Abstrak

     Perkembangan teknologi otomotif saat ini telah mencapai kemajuan yang sangat pesat. Berbagai inovasi teknologi terus dilakukan guna mengikuti mobilitas manusia yang semakin meningkat, termasuk dibidang tarnsportasi darat. Hal ini Pemakaian minyak yang bersumber dari fosil saat ini semakin lama semakin meningkat, sementara itu cadangan minyak dunia semakin terbatas terutama cadangan minyak di Indonesia yang diperkirakan ketersediaanya sebanyak 3,6 milyar barel.  Salah satu cara alternatif yang dapat digunakan untuk menekan konsumsi bahan bakar tanpa mengesampingkan prestasi mesin tersebut dengan proses “ionisasi medan magnet” pada saluran bahan bakar dengan harapan elektron tidak lagi mengorbit pada inti atom dan meninggalkan molekul sehingga ikatan atom dalam molekul akan lepas dan menjadi bermuatan. Hal ini mengakibatkan proses pembakaran yang  menggunakan  magnet pada aliran  bahan  bakar  diesel dapat meningkatkan performa motor diesel dan menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Penulis bermaksud menyelidiki Pengaruh Variasi Inti Lilitan Pada Magnet Remanen Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel Satu Silinder berdasarkan permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh inti lilitan pada magnet remanen terhadapTorsi, Daya, dan Penggunaan bahan bakar spesifik (Sfc). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode experimental, Hasilnya menunjukkan Penggunaan magnet remanen pada motor diesel dengan menggunakan lilitan pada saluran bahan bakar dapat  meningkatkan torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC), Data hasil penelitian menunjukkan bahwa lilitan  dengan inti yang terbaik adalah menggunakan inti lilitan dengan pipa besi, yaitu kenaikan  mencapai 4,09 % untuk torsi , 4,09% untuk daya dan  untuk sfc mengalami penurunan mencapai 10,09 % dari kondisi setandar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistika (BPS). (2017). Perkembangan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis 1949-2015. (online). https://www.bps.go.id Diakses 7 Desember 2017

Kementrian Energi dan Sumber Konsumsi bahan bakar spesifik Mineral Republik Indonesia (online) https://www.esdm.go.id/id/media- center/arsip-berita/cadangan-minyak-habis-dalam-12-tahun-ini- solusinya diakses pada 7 Desember 2017

Sudirman, (2011)Sudirman, U. Jurus-Jurus Menghemat BBM Mobil. Jakarta Selatan. Tri Niti Masa.

M Hamdhani, B Sdarmanta (2017), Studi Eksperimnetal Variasi Kuata Medan Magnet Induksi Pada Aliran Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sinjai 650 cc, Jurnal Teknik ITS Vol.5, No.2 , 2017.

Nufus1, TH, Setiawan, RPA, Herman,W, & Tambunan ,AH (2017), The Effect Of Electro Magnetic Field Intensity To Biodiesel Characteristics ,Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 13 (2) 119-126

Warso, Sutarso, Imam Subekti (2018), Pengaruh Penggunaan Magnet Selenoida Pada Sistem Bahan Bakar Motor Otto 4 Langkah Pada Engine Stationer Terhadap Unjuk Kerja Motor, Iteks. Ejournal.STT-Wiworotomo Vol.10, No.2 2018.

TH Nufus, W Hermawan, RPA Setiawan (2018). Kajian Efek Medan Magnet Terhadap Karakteristik Semburan Bahan Bakar Solar, Biodiesel dan Campuran Keduannya, Jurnal Keteknikan Pertanian Vol.6, No.1 2018.

TH Nufus, S Lestari, A Ulfiana and M Manawan (2020). Magnetization Of Biodiesel (Cooking Oil Waste) To Temperature And Presure Combustion In Diesel Engine, IOP Conference Series 2020.

Arismunandar, W. (2005). Motor Bakar Toorak. Bandung: ITB

Arismunandar, W., dan Koichi Tsuda. 1986. Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Mathur R.P Sharma, 1980, A Course Internal Combustion Engine 3rd Edition, Phanpat Rai & Son 1682, NAISARAK-Delhi 110006

Ugare et al. 2013. Performance Of Spark Ignition Engine Under The Influence Of Magnetic Field. International Journal Of Research In Aeronautical And Mechanical Engineering, ISSN: 2321-3051. 1/1 (3): 36-43.

Siregar, H. P. 2007. Pengaruh Diameter Kawat Kumparann Alat Penghemat Energi Yang Berbasis Elektromagnetik Terhadap Kinerja Motor Diesel. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Kristen Petra. 9/1: 1-8

Yahya, W. 2015. Variasi Penggunaan Ionizer Dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Kandungan Gas Buang Kendaraan. Jurnal AUTINDO. Politeknik Indonusa Surakarta. ISSN : 2442-7918.1/2.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta.Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta.Jakarta.

Winarno, Surahmad 1998, Pengantar Penelitian Sosial Dasar Metode Tehnik, Penerbit Tarsito, Bandung.

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles