TAMAN BACA DESA KEC. TULANGAN KAB. SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v16i1.10768Keywords:
taman baca, koleksi buku, rak buku inovatif, gemar membacaAbstract
Taman baca merupakan salah satu tempat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan tumbuhkembang anak, namun dengan meningkatnya perkembangan teknologi, taman baca bukanlah salah
satu tempat favorit bagi sebagian masyarkat. Hal ini sangat kontra diktif karena pemerintah telah
mencanangkan program gemar membaca. Guna memberikan penyadaaran kembali akan manfaat
taman baca di kalangan anak usia dini, maka pendirian dan keberadaan Taman baca desa Kenongo di
tujukan untuk memberikan stemulus bagi anak usia dini dalam upaya mengimplementasikan program
gemar membaca. Hal ini sangat relevan mengingat keberadaan taman baca yang ada di lingkungan
kantor desa kenongo tersebut satu komplek dengan sekolah PAUD dan TK. desain konsep Taman Baca
yang di gagas mahasiswa KKN awalnya diperuntukkan oleh masyarkat umum, namun permasalahan
yang di alami oleh taman baca adalah minimnya koleksi bacaan yang dimiliki menyebabkan
kunjungan masyarakat ke taman baca sangat terbatas dan nyaris tidak ada, tempat display buku yang
dibuat dari papan dengan kontruksi yang sederhana menyebabkan penataan buku tidak maksimal.
Sehingga solusi yang ditawarkan adalah melakukan perubahan konsep taman baca yang tadinya
diperuntukkan bagi masyarakat umum, akan di spesifikasikan sebagai taman baca anak usia dini,
sehingga dengan perubahan konsep itu maka koleksi buku akan di tambah dengan memberikan porsi
buku bacaan anak usia dini diperbanyak, yang kedua adalah membuat rak buku inovatif dengan
konsep kontruksi yang lebih kuat dan tidak memakan tempat. Sehingga dengan perubahan konsep
taman baca dan sentuhan teknologi rak buku inovatif tersebut maka Taman Baca desa Kenongo
dapat dimaksimalkan potensinya menjadi taman baca yang dalam meningkatkan tumbuh kembang
anak serta memberikan stemulus dalam upaya meningkatkan gemar membaca pada usia dini.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-05-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.