Desain Pembelajaran Luas Segi Banyak Menggunakan Tangram Berpetak di Kelas IV

Authors

  • Lia Puspasari SD Islam Az-Zahrah Palembang
  • Zulkardi Zulkardi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2566

Abstract

Abstract

This research is used for (1) knowing the understanding of fourth grade students of elementary school in finding polygon area concept through square-grid Tangram; (2) resulting the learning trajectory for the student in learning polygon area through square-grid Tangram by having approaching PMRI to the fourth grade students. This research involved 26 students of fourth grade at Az-Zahrah Palembang. It used design research methodology of learning polygon area through square-grid Tangram included preparing for experiment steps, teaching experiment, and retrsospective analysis. It’s resulted Learning Trajectory which is connected to the three learning process activities, hence: (1) determine kinds of plane figure and plane partitioned (using any kinds of employment context); (2) determine the area ofsquare unit (using square-grid Tangram); (3) founding algorithm of polygon area. The result shown by using PMRI approach, square-grid Tangram is useful as a model to support the students in finding polygon concepts.

 

Keywords: Polygon area, Square-grid Tangram, design research, PMRI

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menemukan konsep luas segi banyak menggunakan Tangram berpetak; (2) menghasilkan lintasan belajar bagi siswa melalui Tangram berpetak dalam pembelajaran luas segi banyak menggunakan pendekatan PMRI di kelas IV. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Az-Zahrah Palembang yang melibatkan 26 orang siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah design research pembelajaran luas segi banyak menggunakan Tangram berpetak melalui tahap-tahap preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 3 aktivitas yaitu: (1) menentukan jenis bangun datar dan mempartisi bangun (menggunakan konteks berbagai pekerjaan); (2) menentukan luas dengan persegi satuan (menggunakan Tangram berpetak); (3) menemukan algoritma luas segi banyak. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan pendekatan PMRI, Tangram berpetak berperan sebagai model yang mendorong siswa menemukan konsep luas segi banyak.

 

Kata Kunci: Luas segi banyak, Tangram berpetak, design research, PMRI

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12/01/2015

How to Cite

Puspasari, L., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2015). Desain Pembelajaran Luas Segi Banyak Menggunakan Tangram Berpetak di Kelas IV. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 150–162. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2566