PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Authors

  • mariani mariani SD Muhammadiyah 4 Batu

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan observasi awal yaitu mengamati hasil belajar matematika siswa tentang materi pembagian.Berdasarkan hasil observasi , terdapat adanya beberapa permasalahan yang dialami oleh  siswa dan guru di SD Muhammadiyah 4 Batu.  Pengamatan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, menunjukkan bahwa siswa yang belum paham pada materi pembagian 30% dari 32 siswa yang ada di kelas II pada tahun pelajaran 2011–2012. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas II masih kurang faham dalam menentukan pasangaan bilangan pembagian yang hasil baginya diketahui. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena siswa kurang antusias dalam proses  pembelajaran,guru pun sering mengalami kendala dalam mengajarkan materi tentang  pembagian, yaitu dalam menentukan pasangan bilangan pembagian yang hasil baginya diketahui. rerata hasil belajar siswa masih belum maksimal atau belum  mencapai KKM yang telah ditentukan.

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang materi pembagian dengan penerapan model pembelajaran Make a Match. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Pembelajaran matematika materi pembagian yaitu  dalam menentukan pasangan bilangan pembagian yang hasil baginya diketahui dengan model pembelajaran Make a Match  dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, perancangan tindakan, pengumpulan data, serta analisis data yang  dilaksanakan  dalam dua siklus.

Siklus pertama dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran  melakukan kegiatan bermain kartu soal dan kartu jawaban untuk mengamati antusias, keaktifan dan kerjasama siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar belajar siswa. Siklus kedua juga dilaksanakan dlam dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I dan sama dengan pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama,akan tetapi dilakukan modifikasi terhadap kartu soal dan kartu jawaban serta bentuk soal evaluasi yang sama dengan kartu soal dan kartu jawaban . Selanjutnya hasil evaluasi digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa.

Berdasarkan hasil tes pembelajaran, diketahui bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rerata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 77,8 dan rerata hasil belajar pada siklus II menjadi 92,5.Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase klasikal sebesar 56,7 % pada siklus I menjadi 29 siswa dengan persentase klasikal sebesar 87,5 % pada siklus II, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar melebihi kriteria keberhasilan yaitu ≥75 %.

 

Kata kunci:Hasil Belajar Matematika, Pembagian, Model Pembelajaran Make a Match

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/28/2017

How to Cite

mariani, mariani. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599–608. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306