PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.5941

Keywords:

problem posing, pendekatan realistik, kemampuan komunikasi matematis.

Abstract

Berbagai hasil penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa maupun mahasiswa dan salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah model yang selama ini diterpakan masih belum optimal. Oleh sebab itu, perlu dicarikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan salah satu model yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan adalah model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan kelas B Pagi semester II Program Studi Pendidikan Matematika sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan tes sebagai alat pengumpul data. Teknik analisi data menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PP dengan pendekatan realistik berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hodiyanto Hodiyanto, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat

Rahman Haryadi, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat

References

Aguspinal. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Group-To-Group. Tesis. Bandung: UPI. Tidak Diterbitkan.

Ansari, B. I. (2012). Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Clark, K. K., Jacobs, J., Pittman, M.E., & Borko, H. (2005). Strategies for Building Mathematical Communication in the Middle School Classroom: Modeled in Professional Development, Implemented in the Classroom. CIMLE. Vol. 11. No.2, 1-12.

Darto, H. (2013). Improving The Communication Mathematics Ability By using Realistic Mathematics Education Approach. Pp: 647-657. Korea Society Of Mathematical Education Conference. Korea.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9-18.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.

Hodiyanto, H., Budiyono, B., & Slamet, I. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Dengan Pendekatan Pmr Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Haryadi, R. & Hodiyanto, H. (2018). Diskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PIPT). Untan: Pontianak.

Ibrahim. (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis Serta Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran Berbasis-Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah. Disertasi. Bandung: UPI. Tidak Diterbitkan.

Izzati, N. (2010). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pp. 721-729. UNY: Yogyakarta.

Kadir. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pp. 339-350. UNY: Yogyakarta.

Kar, T. & Isik, C. (2014). Analysis of Problem Posed by Pre-Service Primary Teachers About Adding Fraction in Termof Semantic Structure. Internationl Society of Educatinal Research. Vol. 2. 135-146.

Lim, C. S., & Chew, C. M. (2007, December). Mathematical Communication in Malaysian Bilingual Classrooms. In Paper APEC-Tsukuba International Conference (pp. 1-2).

Lomibao, L. S., Luna, C. A. & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4 (5), 378-382.

Mathematics, N. C. T. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Santoso, S. (2010). Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2009). Proses Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Wijaya. A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

11/30/2018

How to Cite

Hodiyanto, H., & Haryadi, R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 132–140. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.5941