ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE V.3.1. PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Anangga Widya Pradipta IKIP BUDI UTOMO MALANG
  • Amy Nilam Wardathi IKIP BUDI UTOMO MALANG

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6576

Keywords:

E-learning berbasis Moodle V.3.1, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan internet. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendesain dan mengembangkan e-learning berbasis Moodle V.3.1. untuk meningkatkan pemahaman konsep mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Langkah yang ditempuh adalah menggunakan prosedur pengembangan yang merupakan kombinasi antara prosedur-prosedur pengembangan dari Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi 4 tahap utama yaitu perecanaan, desain, pengembangan dan evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengolah maupun dan menginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produk pengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif. Analisis data kuantiatif digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes pemahaman konsep. Analisis data dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merevisi produk. Hasil pengembangan produk e-learning berupa manajemen pembelajaran online dengan software aplikasi moodle versi 3.1 dengan revisi  versi 3.5.7 dengan alamat https://widyapradipta.com. Kelayakan produk e-learning pada aspek materi mendapatkan nilai 76,34 % dan termasuk dalam kategori baik, pada aspek media mendapatkan nilai sebesar 81,83 % dan termasuk dalam kategori sangat baik, aspek respon mahasiswa mendapatkan nilai 88% dalam kategori baik dan pemahaman onsep mahasiswa meningkat 23,6% menjad 83,6% kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung Santoso. (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi universitas sanata dharma. Jurnal Penelitian Sanata Dharma, 2(50) 1-17.

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for Learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.

Allen, Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing. New York: Longman.

Bloom, B.S. (1981). Taxonomy of Educational Objective the Classification of Educational Goals. London: Longman.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Clark, R.C., & Mayer, R.E. (2001). E-Learning and the Science of Instruction (3rd ed.). CA: Pfeiffer

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Degeng, I.N. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Naidu, Som. (2006). E-Learning “A Guideebook of Principles, Procedures and Practices”. Melbourne: Commonwealth of Learning.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kusumaningrum, D.A, & Marpanaji, E. (2014). Pengembangan E-learning Dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran Di Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 28-39.

Sara, C., & Mukminan. (2014). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Aplikasi Komputer 2 Di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 139-152.

Sugiyono, (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

.

Sukardjo. (2006). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran. PPs UNY: Program Studi Penelitian Evaluasi Pendidikan.

Surjono, H.D. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Wahyuningsih, D., & Budiningsih, C.A. (2014). Implementasi Blended Learning by the Constructive Approach (BLCA) dalam Pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 15-27.

Downloads

Published

11/30/2018

How to Cite

Pradipta, A. W., & Wardathi, A. N. (2018). ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE V.3.1. PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 113–122. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6576