STUDI KASUS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWERPOINT KARYA MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMS

Authors

  • Naufal Ishartono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Adi Nurcahyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6624

Keywords:

mathematics education, instructional media, PowerPoint

Abstract

ABSTRAK. Matematika memiliki objek kerja yang bersifat abstrak, oleh karena itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan objek-objek abstrak dari matematika. Salah satu media visual tersebut adalah PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan kualitas media pembelajaran matematika berbasis PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa semester enam Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Kriteria yang digunakan dalam menilai kualitas tersebut adalah syarat didaktis, syarak konstruksi dan syarat teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli, deskripsi, dan analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hanya 5% dari total PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa memiliki kualitas yang baik. Dari 95% sisanya, mayoritas memiliki kekurangan dalam pemenuhan syarat konstruksi. Dara fakta tersebut, kajian lebih mendalam tentang bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan media pembealajaran matematika berbasis PowerPoint yang memiliki kualitas mutu yang baik dipandang perlu untuk dilakukan khusunya pada keterpenuhan syarat konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Ballard, C. L., Johnson, M. F., The, S., Education, E., Winter, N., Taylor, P., … Johnson, M. F. (2016). Basic Math Skills and Performance in an Introductory Economics Class. The Journal of Economics Education, 35(1), 3–23.

Borghans, L., & Weel, B. ter. (2003). Are Computer Skills the New Basic Skills? The Returns to Computer, Writing and Math Skills in Britain (No. 751). Bonn.

Edward B, F. (2006). “Readability.” Reading Hall of Fame Book. Newark, DE: International Reading Association.

Jacko, J. A., & Sears, A. (2003). Computer support for learning mathematics: A learning environment based on recreational learning objects. Computers & Education, 48(4), 618–641.

Kaligis, J. R. E., & Darmodjo, H. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Keefe, D. D., & Willett, J. D. (2004). Points of View PowerPoint in the Classroom. Cell Biology Education, 3(3), 156–158. https://doi.org/10.1187/cbe.04-06-0045

Kim, A. (2016). Johann Friedrich Herbart. Retrieved September 11, 2018, from https://plato.stanford.edu/entries/johann-herbart/

Mansur, H. (2015). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. LPMP Sulsel. Retrieved from http://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=327:pembelajaran‐efektifapersepsi&%0Acatid=42:ebuletin&Itemid=215

McIver, J. P., & Carmines, E. G. (1981). Unidimensional Scaling. Thousands Oaks. CA: Sage.

Nieven, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Nordquist, R. (2018). Summary (Composition). Glossary of Grammatical and Rhetorical Terms. Retrieved September 13, 2018, from https://www.thoughtco.com/summary-composition-1692160

Rothman, R. L., Montori, V. M., Cherrington, A., & Pignone, M. P. (2014). Journal of Health Communication : International Perspectives Perspective : The Role of Numeracy in Health Care. Journal of Health Communication, 13(6), 583–595. https://doi.org/10.1080/10810730802281791

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Xingeng, D., & Jianxiang, L. (2012). Advantages and Disadvantages of PowerPoint in Lectures to Science Students. International Journal of Education and Management Engineering, 9, 61–65. https://doi.org/10.5815/ijeme.2012.09.10

Downloads

Published

11/30/2018

How to Cite

Ishartono, N., & Nurcahyo, A. (2018). STUDI KASUS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWERPOINT KARYA MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMS. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 141–150. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6624