PEMBELAJARAN KLASIFIKASI KLADOGRAM DENGAN METODE TAKSIMETRI UNTUK MEMPELAJARI KEKERABATAN TANAMAN GENUS TILLANDSIA & NEOREGELIA

Authors

  • Fendy Hardian Permana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurwidodo Nurwidodo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lise Chamisijatin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Zaenab Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuni Pantiwati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Sulistiarini SMA Negeri 3 Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.7084

Keywords:

Cladogram, Kinship Tillandsia & Neoregelia, Taximetry, Classification Learning

Abstract

ABSTRAK

Lingkungan SMAN 3 Malang memiliki konsep taman vertikal, sehingga cocok digunakan tempat pembelajaran outdoor learning dan pembelajaran langsung. Hasil observasi menunjukkan pemanfaatan tanaman untuk media pembelajaran belum optimal. Belum optimalnya disebabkan belum adanya informasi nama ilmiah, deskripsi, dan hubungan kekerabatan tumbuhan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran klasifikasi kladogram dengan metode taksimetri: 1) pemanfaatan tanaman tillandsia & neoregelia untuk sumber belajar klasifikasi & kladogram tanaman, 2) jumlah spesies tillandsia & neoregelia, 3) hubungan kekerabatan tanaman tillandsia & neoregelia. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode survey, melalui pembelajaran klasifikasi & kladogram dengan taksimetri. Teknik analisis data secara deskriptif yaitu identifikasi jenis-jenis tumbuhan menggunakan gambar dan buku kunci determinasi (taksimetri). Hasil menunjukkan bahwa melalui pembelajaran klasifikasi kladogram dengan metode taksimetri diperoleh data sebagai berikut 1) pemanfaatan tanaman dengan ciri morfologi serta persamaan dan perbedaannya menjadi sumber belajar klasifikasi tumbuhan & pembuatan kladogram berlangsung dengan efektif dimana ditunjukkan dengan siswa terampil dalam melakukan klasifikasi tanaman yang ada di lingkungan sekolah dan terampil membuat kladogram dari kegiatan klasifikasi, 2) terdapat 2 spesies tillandsia yaitu Tillandsia lonantha & Tillandsia cyanea serta terdapat 1 spesies neoregelia yaitu Neoregelia spectabilis, 3) hubungan kekerabatannya tanaman tersebut satu family yaitu Bromeliaceae.    

 

Kata Kunci: Kekerabatan Tillandsia & Neoregelia; Kladogram; Taksimetri; Pembelajaran Klasifikasi

 

ABSTRACT

The environment of State Senior High School (SMAN) 3 Malang employed a concept of vertical garden, making the environment suitable for outdoor learning and direct learning. Observation results indicated the use of plants for learning media is not optimal due to the lack of information on scientific names, descriptions, and relationships of plants. Based on the observation, it was necessary to design a learning innovation. This research aimed to describe the application of Cladogram classification learning with the Asymmetric method: 1) the utilization of Tillandsia & Neoregelia plants for the source of plant classification & Cladogram learning, 2) the number of Tillandsia & Neoregelia species, 3) the relationship between Tillandsia & Neoregelia plants. This research employed a descriptive survey method through learning classification & Cladograms with Asymmetry. The descriptive data analysis technique defined the identification of plant types using pictures and key books of determination (asymmetry). The results showed that through the learning of cladogram classification with the asymmetry method, the following data were obtained: 1) the use of plants with morphological characteristics and similarities and differences became the source of learning for plant classification and making cladograms effectively indicated by students performance in doing the classification of plants in the school environment and making cladograms from classification activities, 2) there were two species of tillandsia namely Tillandsia lonantha & Tillandsia cyanea, and there were one neoregelia species namely Neoregelia spectabilis, 3) familial relationship of the plant is one family namely Bromeliaceae.

 

Keywords: Cladogram; Kinship Tillandsia & Neoregelia; Taximetry; Classification Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arrijani. (2003). Kekerabatan fenetik anggota marga Knema, Horsfieldia, dan Myristicadi Jawa berdasarkan bukti morfologi serbuk Sari. Biodiversitas, 4(2), 83–88. doi: https://doi.org/10.13057/biodiv/d040203

Astirin, O. P. (2000). Permasalahan pengelolaan keanekaragaman hayati di Indonesia. Biodiversitas, 1(1), 36–40. doi: https://doi.org/10.13057/biodiv/d010107

Chase, M. W. (2005). Classification of orchidaceae in the age of dna data. Curtis’s Botanical Magazine. doi: https://doi.org/10.1111/j.1355-4905.2005.00466.x

Dubois, A. (2007). Naming taxa from cladograms: a cautionary tale. Molecular Phylogenetics and Evolution, 42(2), 317–330. doi: https://doi.org/10.1016/j.ympev.2006.06.007

Irawan, B., Muadz, S., & Rosadi, A. (2013). Karakterisasi dan kekerabatan tumbuhan mangrove Rhizophoraceae berdasarkan morfologi, anatomi dan struktur luar serbuk sari. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Nuklir PTNBR-BATAN Bandung. Retrieved from http://digilib.batan.go.id/ppin/katalog/file/1858-3601-2013-289-297.pdf

Mayr, E., & Bock, W. J. (2008). Classifications and other ordering systems. Journal of Zoological Systematics and Evolutionary Research, 40(4). doi: https://doi.org/10.1046/j.1439-0469.2002.00211.x

McCarthy, I., Ridgway, K., Leseure, M., & Fieller, N. (2000). Organisational diversity, evolution and cladistic classifications. Omega, 28(1), 77–95. doi: https://doi.org/10.1016/S0305-0483(99)00030-4

Ramadhani, W. S., Erman, & Indah, N. K. (2016). Penerapan pembelajaran outdoor learning process (OLP) melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/ 15312/13870

Schneider, K. L., Marrero, G., Alvarez, A. M., & Presting, G. G. (2011). Classification of plant associated bacteria using rif, a computationally derived dna marker. PloS One, 6(4). doi: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0018496

Setiawan, A. B., Wisanti., & Faizah, U. (2014). Pengembangan lembar kegiatan siswa klasifikasi tumbuhan dengan memanfaatkan spesimen awetan untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik kelas x. Jurnal BioEdu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 3(3). Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Sihvonen, P., & Kaila, L. (2004). Phylogeny and tribal classification of Sterrhinae with emphasis on delimiting Scopulini (Lepidoptera: Geometridae). Systematic Entomology, 29(3). doi: https://doi.org/10.1111/j.0307-6970.2004.00248.x

Skevington, J. H., & Yeates, D. K. (2001). Phylogenetic classification of eudorylini (diptera: pipunculidae). Systematic Entomology, 26(4). doi: https://doi.org/10.1046/j.0307-6970.2001.00160.x

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo, M. J. (2015). Identifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta) sebagai materi pembelajaran IPA-Biologi SMP berbasis potensi lokal di kawasan pasir pantai Depok kabupaten Bantul. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Yang Diselenggarakan Oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Tema:”Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/489/713

Tellu, A. T. (2005). Kunci identifikasi rotan (Calamus spp.) asal Sulawesi Tengah berdasarkan struktur anatomi batang. Jurnal BIODIVERSITAS, 6(2), 113–117. doi: https://doi.org/10.13057/biodiv/d060209, ISSN: 1412-033X

Downloads

Published

05/20/2020

How to Cite

Permana, F. H., Nurwidodo, N., Chamisijatin, L., Zaenab, S., Pantiwati, Y., & Sulistiarini, D. (2020). PEMBELAJARAN KLASIFIKASI KLADOGRAM DENGAN METODE TAKSIMETRI UNTUK MEMPELAJARI KEKERABATAN TANAMAN GENUS TILLANDSIA & NEOREGELIA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 28–40. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.7084

Issue

Section

Articles