Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi

Iin Hindun, Husamah Husamah


Abstract


Kreativitas produk, khususnya dalam pengembangan perangkat pembelajaran, perlu dimiliki calon guru biologi, dan hal tersebut masih rendah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas produk pada mahasiswa melalui penerapan STAD-PjBL. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 35 orang mahasiswa yang menempuh mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian keterampilan produk yang diisi oleh 3 orang observer selama 3 siklus berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rerata kreativitas produk sebanyak 18 point (Pra Siklus: 63; Siklus I: 71; Siklus II: 76; Siklus III: 81). Dapat disimpulkan bahwa penerapan implementasi STAD-PjBL mampu meningkatkan kreativitas produk pada mahasiswa calon guru, meskipun masih pada level “baik”.

Keywords


calon guru; kreativitas produk; perangkat pembelajaran; STAD-PjBL

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9969 | Abstract views : 32 | PDF views : 0 |

Copyright (c) 2019 Iin Hindun, Husamah Husamah

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Editorial Office

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 
FTTE University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
3rd Campus, 1st Building (GKB 1), 6th Floor
Telp. +62341-464318 ext 118 // HP. +6281232578691
email: jinopfkip@gmail.com // jinopfkip@umm.ac.id

 

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
FTTE University of Muhammadiyah Malang.
Website : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
Sistem Online
JINoP

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) INDEXED BY: