Analisis Peran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Membangun Kompetensi Sosial Guru Di SMPK Santo Thomas Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Hairil Anwar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sukarsono Sukarsono Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11616

Abstract

Abstract: This study aims to find out 1) the role of the principal's democratic leadership in building the social competence of teachers; 2) know the social competence of teachers. This research was conducted at SMP Thomas Santo Thomas Pamekasan Regency, using a qualitative approach supported by descriptive data. Data analysis is performed by presenting data, data reduction and concluding. The results showed that the role of the democratic leadership of school principals included: 1) As an educator able to facilitate and encourage teachers to improve teacher social competence. 2) As a manager that is facilitating and providing opportunities for teachers to develop their social competence through various education and training activities. 3) An administrator can allocate a budget to improve teacher competencies to build the social competencies of teachers. 4) As a supervisor, namely giving advice and guidance to the teacher's indirect supervision of learning activities in building teacher social competence. 5) As a motivator that is providing educational motivation in carrying out the tasks and functions in building the social competence of teachers. The social competence of teachers is quite good, there is cooperation within the school community which includes the cooperation of fellow teachers, teachers with students, teachers with parents, and teachers with surrounding communities.

Keywords: Role of School Principals, Democratic Leadership, Social Competence

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam membangun kompetensi sosial guru; 2) mengetahui kompetensi sosial guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Santo Thomas Kabupaten Pamekasan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif didukung data deskriptif. Analisis data dilakukan dengan cara menyajikan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan demokratis kepala sekolah antara lain: 1) Sebagai educator mampu memfasilitasi dan mendorong guru dalam meningkatkan kompetensi sosial guru. 2) Sebagai manajer yaitu memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada para guru untuk mengembangkan kompetensi sosialnya melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan. 3) Sebagai administrator yaitu dapat mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kompetensi guru sehingga membangun kompetensi sosial para guru. 4) Sebagai supervisor yaitu memberikan saran dan bimbingan kepada guru dalam kegiatan supervisi pembelajaran secara langsung dalam membangun kompetensi sosial guru. 5) Sebagai motivator yaitu memberikan motivasi pendidikan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam membangun kompetensi sosial guru. Kompetensi sosial guru yang terjadi cukup baik, adanya kerja sama dalam warga sekolah yang meliputi kerja sama guru sesama guru, guru dengan siswa, guru dengan wali murid, serta guru dengan masyarakat sekitar.

Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Kepemimpinan Demokratis, Kompetensi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, & Iskandar. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Amirudin, & Dkk. (2013). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Asmani, &Ma’mur. J. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Power Book (IHDINA).

Harrison. L. (2007). Metodologi Penelitian Politik, terjemah Tri Wibowo B.S. Jakarta: Prenada Media Group.

Indrafahrudi, &Suekarto. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Galia Indonesia.

Kartono, & Kartini. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusmintardjo. (2013). Kepala sekolah dan penerapannya dalam mengelola dimensi internal sekolah untuk meningkatkan pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan UNM.

Kusnadi, & Dkk. (2005). Pengantar Manajemen (Konsepsual& Perilaku). Malang: Univeritas Brawijaya.

Laili. R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan mutu sumber daya guru (Studi kasus di SMA Negeri 1 Tumpang). Jurnal Pendidikan UIN Maulana Malik Ibrahim.

Maleong. J. L. (2011). Metodologi penelitian kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marfuah, &Ruzikna. (2015). Pengaruh Gaya kepemimpinan demokratis terhadap loyalitas karyawan (Studi kasus hotel olgariapekanbaru). Jurnal FISIP Universitas Riau, 2 No, 2.

Miles, M., & Huberman, A. (1994). Miles and Huberman Chapter 2. In Qualitative Data Analysis (pp. 50–72).

Nurbaya. S. (2015). Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 12(Pp), 116–127.

Nurkolis. (2003). Manajeman Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Permendiknas No. 16. (2007). Tentang standart kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Permendiknas No. 19. (2007). Tentang Standart pengelolaan Sekolah.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, 1(1), 210–224. Retrieved from http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/03/jurnal ajeng genap (03-04-13-12-01-42).pdf [accessed: November 7, 2013]

Rahman. A. (2015). Korelasi kompetensi kepala sekolah dan kinerja guru dengan hasil pembelajaran pendidikan jasmani MI negeri kota banda aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala.

UU No. 20. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Wibowo, &hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru (Vol. 5). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliana. L. (2007). Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam kematangan Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Downloads

Published

2018-07-27

How to Cite

Anwar, H., & Sukarsono, S. (2018). Analisis Peran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Membangun Kompetensi Sosial Guru Di SMPK Santo Thomas Kabupaten Pamekasan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 209–218. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11616

Issue

Section

Artikel