Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi

Authors

  • Mohammad Wahyu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuli Zarnita MAN 2 Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12440

Keywords:

Kompetensi guru, Pembelajaran daring, Pendidikan profesi guru

Abstract

Pengembangan profesionalisme guru melalui pendidikan profesi merupakan salah satu langkah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, namun demikian dinamika di dalamnya menemui beberapa kendala dan dampak yang perlu diatasi. Salah satu dinamika yang dihadapi adalah integrasi teknologi informasi melalui pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala dan dampak implementasi pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan mahasiswa profesi guru dan dosen bidang studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) sebanyak 34 orang sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan triangulasi untuk menginterpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi profesional guru terfasilitasi selama mengikuti pembelajaran daring, terlihat penguasaan materi, konsep, guru dapat melakukan inovasi pembelajaran berbasis teknologi, serta mendapat pengalaman belajar baru yang belum didapatkan waktu perkuliahan sebelumnya. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring meliputi keterbatasan jaringan internet, literasi teknologi yang sangat bervariatif, serta penyampaian materi yang belum menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi dan sarana-prasarana pembelajaran daring di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuli Zarnita, MAN 2 Bukittinggi

PPKn

Downloads

Published

2020-08-08 — Updated on 2020-08-31

Versions

Issue

Section

Articles