Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg

2723-0066 (Print)

 

Conservation Based Learning (CBL) model terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Penulis pertama a, 1*, Penulis kedua b, 2, Penulis ketiga  c, 3

a  Afiliasi penulis pertama, Alamat, Propinsi, Indonesia, Kode Pos

Afiliasi penulis kedua, Alamat, Propinsi, Indonesia, Kode Pos

c   Afiliasi penulis ketiga, Alamat, Propinsi, Indonesia, Kode Pos

1   penulispertama@gmail.com*; 2 penuliskedua@gmail.com 3penulisketiga@gmail.com

* penulis korespondensi

 

Informasi artikel

 

Abstrak

Riwayat:

Diterima

Revisi

Dipublikasikan

 

 

 

 

 

Kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama di Indonesia tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Conservation Based Learning (CBL) dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CBL. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan pada bulan November 2019 hingga Januari 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Malang sebanyak 56 siswa yang terbagi atas 2 kelas, 1 kelas CBL dan 1 kelas Non CBL. Mata pelajaran yang digunakan saat penelitian yaitu Ilmu Pengetahuan Alam pada materi pencemaran lingkungan semester genap. Pengambilan data untuk kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar ekplorasi ide, dan dokumentasi. Lembar eksplorasi ide digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen penelitian kemampuan berpikir kreatif meliputi imitasi, variasi, kombinasi, transformasi, dan ciptaan asli. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CBL dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CBL.

Kata kunci:

Kata kunci 1

Kata kunci 2

Kata kunci 3

 

 

 

 

Abstract

Keywords:

Keyword 1

Keyword 2

Keyword 3

 

Title in english. The abstract does not contain citations, formulas, tables, and figures. It explains the summary of the article which is informative and clear, by including the main research problem(s) (background, objective, and method), approach or proposed solutions. The abstract shows the main results and conclusion to signify the novelty of the research compared to the already existed ones. The abstract is written using academic English and Indonesian in one paragraph consisting of 150-200 words respectively. Foreign and/or technical terms are written in italic. The font used to construct the abstract is Constantia 10pt; it is typed in a single space with margins that are narrower than the right and left margins of the main text. Keywords are essentially included to describe the realm of the problem(s) under study and the main terms that underlie the implementation of the study. Keywords can be a single or compound words. The number of keywords in the abstract is 3-5 words. The keywords function to ease the search of the research title and the abstract.

 

 

Copyright © 2020, Nama belakang penulis pertama, et al

This is an open access article under the CC–BY-SA license

 

 

 


How to cite: Penulis pertama., penulis kedua., & penulis ketiga. (20xx). The complete title. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol (No), xx-yy. doi: https://doi.org/10.22219/jppg.vxiy.xxyy

       

 

Pendahuluan

Pendahuluan sebaiknya mencakup latar belakang dari isu atau permasalahan serta urgensi penelitian, rasionalisasi, dan gap analisis dengan penelitian yang telah ada, sehingga dapat menunjukkan kebaharuan yang diberikan dalam bidang pendidikan profesi guru. (yang membedakan dengan penelitian-penelitian yang lain). Tujuan dari penelitian harus tampak dengan jelas dalam bagian pendahuluan, pada bagian pendahuluan lebih baik tidak memuat tabel dan gambar. Pendahuluan disajikan secara lugas, dan tidak lebih dari dua halaman. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dapat dimasukkan dalam bagian ini. Ketentuan melakukan sitasi (nama, tahun), dalam melakukan sitasi sangat ditekankan untuk menggunakan aplikasi reference manager seperti Mendeley. Hal ini bertujuan untuk menghindari salah dalam melakukan sitasi dan menulis referensi di bagian akhir artikel.

Pergunakan istilah Pendahuluan untuk bagian pertama ini. Jenis huruf yang digunakan untuk menyusun pendahuluan adalah Centaur ukuran 11, line spasing 1sp atau dapat memilih style “konten utama”.

Guna memudahkan Anda dalam menggunakan template ini, akan lebih baik melakukan copy-paste (dengan opsi keep text only kemudian memilih style “konten utama”) dari dokumen asli paper Anda ke dalam template ini. Pastikan bahwa artikel Anda telah  sesuai dengan style yang digunakan oleh JPPG.

Metode

Bagian ini digunakan baik untuk artikel yang berasal dari hasil penelitian maupun kajian. Bagian metode untuk naskah hasil penelitian dapat memuat rancangan langkah-langkah atau prosedur yang dilakukan dalam pengumpulan data (teknik pengumpulan data) maupun analisis yang digunakan untuk memperoleh hasil, selain itu dapat memuat jumlah responden yang digunakan dalam penelitian. Penulisan rumus dapat menggunakan equation dengan mencantumkan sumber utama yang digunakan sebagai acuan. Artikel yang bersifat kajian (bukan hasil penelitian) dapat memuat alur berpikir dalam melakukan kajian, langkah-langkah dalam pengumpulan data (penggalian informasi), teknik analisis (jika ada), dan kriteria atau standar referensi yang digunakan untuk melakukan kajian secara kritis dan mendalam.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan setidaknya dapat mencakup “what?” yang menyampaikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “why?” kajian saintifik dan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dengan konsep dasar; “what else?” bandingkan hasil penelitian anda dengan riset lain, disarankn untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.

Bagian ini menyajikan hasil penelitian dan pembahasan dalam satu kesatuan, sehingga penulis tidak dibenarkan memisahkan hasil dan pembahasan terlebih dalam bentuk bab/sub bab baru. Cara menulis dalam hasil dan pembahasan dilakukan secara langsung dengan mengulas secara tajam satu demi satu hasil penelitian yang diperoleh dengan didukung referensi yang relevan dan diutamakan dari sumber primer (jurnal). Hasil yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan penulisan pada informasi untuk author) untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Sebelum menyajikan Tabel dan grafik harus diberi narasi dan kemudian diberikan komentar atau dibahas.

 

We suggest that you use a text box to insert a graphic (which is ideally a 300 dpi resolution TIFF or EPS file with all fonts embedded) because this method is somewhat more stable than directly inserting a picture.To have non-visible rules on your frame, use the MSWord “Format” pull-down menu, select Text Box > Colors and Lines to choose No Fill and No Line.

Gambar 1. Informasi terkait gambar/grafik

Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan-temuan tersebut diperoleh; (3) menginterpretasi/ menafsirkan temuan-temuan yang diperoleh; (4) mengaitkan hasil temuan penelitian dengan penelitian lain; dan (5) memunculkan teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.

Tabel 1. Nama tabel

Kepala tabel

Kepala tabel

Sub kepala tabel

Sub kepala tabel

konten

Kontena

konten

konten

Konten

konten

acontoh catatan kaki tabel

KETENTUAN PENULISAN TABEL DAN GAMBAR: (1) Tabel dan gambar harus sesuai dengan kebutuhan informatif paper; (2) Setiap tabel, gambar dan grafik harus disertai dengan caption, untuk caption tabel terletak dibagian atas tabel, sedangkan untuk caption gambar/grafik terletak dibagian bawah; (3) Penulisan tabel dan gambar sebaiknya diletakkan pada bagian awal atau akhir dari sebuah halaman; (4) Sebelum menggunakan tabel dan gambar, penulis ditekankan untuk memberikan narasi ulasan terkait dengan tabel atau gambar yang akan disajikan disertai dengan mencantumkan nomor dari tabel atau gambar yang disajikan. (5) Gambar/grafik harus memiliki resolusi yang baik; (6) Untuk grafik sangat disarankan berwarna tanpa judul grafik, untuk legenda dituliskan pada bagian caption setelah nama grafik; (7) Tabel harus memuat minimal dua baris data dan memerlukan hitungan, dan tidak ada pengulangan satuan; (8) Tabel hanya menggunakan garis pada bagian atas dan bawah dari kepala tabel dan penutup pada akhir data; (9) Tabel harus disajikan secara utuh, tidak terpotong ke halaman lain; (10) Apabila terdapat dua tabel yang isinya saling berkaitan dapat diletakkan secara berdekatan; (11) Penyajian tabel dan gambar/grafik dapat menggabungkan dua kolom teks apabila diperlukan.

 

 


Gambar 2. Ilustrasi gambar profesi guru

 

 

Simpulan

Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf, yang merupakan ringkasan dari hasil dan pembahasan serta menjawab dari tujuan dari penelitian/publikasi. Menekankan pada kebaharuan dari penemuan atau pengembangan. Apabila terdapat saran dari penelitian yang berkaitan dengan hasil penelitian untuk kegiatan praktis ataupun penelitian lanjutan berdasarkan hasil kebaharuan yang ditemukan dapat disampaikan secara singkat dan jelas pada akhir paragraf atau dapat membuat paragraf baru.

Ucapan terima kasih (optional)

Ucapan terima kasih digunakan untuk memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berperan dalam penelitian/artikel, baik dalam bentuk support dana, perizinan, konsultan maupun tim yang berperan dalam membantu pengambilan data.

Referensi

Berisi referensi-referensi yang sesuai dengan sitasi di dalam manuskrip dengan jumlah minimal 20 referensi. Referensi sumber primer (bersumber dari jurnal) minimal 70% dari keseluruhan referensi yang digunakan dan terbitan 10 tahun terakhir. Jenis huruf Cambria, ukuran 11pt, dengan line spacing 1sp, spacing after 3pt (styleReferensi”).

Ketentuan penulisan referensi secara alphabetis disesuaikan dengan format yang sudah ditentukan. Penulisan sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley. Format penulisan yang digunakan mengacu pada format APA 6th Edition (American Psychological Association).

Sebagai panduan dalam melakukan sitasi dan menuliskan daftar referensi dapat mempelajari link berikut:

  • http://flash1r.apa.org/apastyle/basics/index.htm?_ga=2.4551091.1894208228.1517201464-931692302.1508143966
  • https://www.mendeley.com/guides/apa-citation-guide
  • https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/10/
  • http://www.tandf.co.uk/journals/authors/style/reference/tf_apa.pdf

 

cara menggunakan mendeley

  • https://www.itc.nl/library/papers/Mendeley.pd

 

 

                                                                               

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.