PENGGUNAAN UMPATAN DALAM BAHASA MADURA

Authors

  • Arifatu Faizun

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2327

Abstract

PENGGUNAAN UMPATAN DALAM BAHASA MADURA

 

Arifatu Faizun

SMAI Raden Fatah

arifatufaizun9@gmail.com

 

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan umpatan dalam bahasa Madura yang dikaitkan dengan pola kehidupan sehari-hari dalam masyarakat Madura. Hal ini didasarkan pada setiap daerah yang memilik ragam umpatan berdasarkan konteksnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan dalam bahasa Madura (langsung dari informan), baik yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan, baik tua maupun muda. Data  dalam penelitian ini adalah berupa uraian kata-kata atau kalimat yang mengandung umpatan bahasa Madura. Hasil penelitian adalah penggunaan umpatan dalam bahasa Madura berdasarkan konteks penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci: Umpatan, bahasa Madura

 

Abstract: This study aimed to describe the use of calumny in Madurese language associated with the pattern of everyday life in the Madurese community. It is based on each area having an aspersion variance based on the context. The approach used in this study is a qualitative approach. The method used in this research is descriptive method of analysis. Source of data in this study is a conversation in the language of Madura (directly from informants), both by men and women, both young and old. The data in this study is the description of words or sentences containing aspersion Madurese language. The results of the study is the use of calumny in Madurese by its use in the context of everyday life.

 

Keywords: aspersion, Madurese language

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-27

How to Cite

Faizun, A. (2015). PENGGUNAAN UMPATAN DALAM BAHASA MADURA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 11–25. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2327

Issue

Section

Editorial Informations