POSTMODERNISME PADA NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA ANDREA HIRATA

Authors

  • Radfan Faisal

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2334

Abstract

POSTMODERNISME PADA NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA ANDREA HIRATA

 

Radfan Faisal

Jawa Pos Radar Bromo

radfanfaisal@rocketmail.com

 

 

Abstrak: Penelitian mendeskripsikan aspek-aspek postmodernisme yang terdapat dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra, jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat eksploratif. Sumber data penelitian ini adalah novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan cerita yang memiliki relevansi dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa postmodernisme dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata meliputi ekletisisme, parodi, pastiche, ironi, dan camp. Kelima aspek tersebut menjadi sesuatu yang baru dalam novel Maryamah Karpov. Ekletisisme yang diungkapkan berupa perpaduan budaya asing ke dalam budaya sendiri di mana pun tokoh berada. Unsur parodi diungkapkan dalam bentuk sifat mendramatisasi suatu kejadian yang dibangun dari perasaan tokoh. Bentuk pastiche terwujud dalam apresiasi yang tinggi terhadap teks-teks masa lalu yang dialami tokoh. Bentuk ironi yang terjadi menggambarkan suatu kejadian yang tidak sesuai dengan harapan dan sudah menjadi takdir yang harus dijalani tokoh. Bentuk camp lebih menekankan pada gaya arsitektur dan dekoratif yang indah yang ditemui oleh tokoh.

Kata kunci: postmodernisme, ekletisisme, pastiche, parodi, ironi dan camp

Abstract: This study describes postmodernism aspects in the novel Maryamah Karpov written by Andrea Hirata. This qualitative study uses the literary sociology approach. Furthermore, it employs explorative descriptive method. The data source was the novel from which quotations of the story which were relevant with the research problems were collected and analyzed. The results show that postmodernism in the novel Maryamah Karpov by Andrea Hirata covered eclecticism, parody, pastiche, irony, and camp. The five aspects were new things in the novel. The exposed eclecticism was the foreign culture mixing into the indigenous culture of the characters. The parody was exposed in dramatization of events created from the characters’ feelings. The pastiche was reflected in the characters’ strong aspiration of the old texts. The irony illustrated the characters’ unexpected events and destiny. The camp put emphasis on architectural and decorative styles.

Key words: postmodernism, eclecticism, parody, pastiche, irony, and camp

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-27

How to Cite

Faisal, R. (2015). POSTMODERNISME PADA NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA ANDREA HIRATA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 86–95. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2334

Issue

Section

Editorial Informations