PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PUTERA BATAM

Yunisa Oktavia, Fasaaro Hulu


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar mahasiswa di Universitas Putera Batam. Hal ini tergambar dalam hasil tes mahasiswa yang belum memenuhi Kriteria kelulusan yang ditetapkan. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu (1) budaya membaca mahasiswa masih sangat minim, (2) mahasiswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan secara sistematis, (3) metode yang digunakan belum bervariatif serta belum disesuaikan dengan materi serta kebutuhan mahasiswa, dan (4) media yang digunakan selama proses pembelajaran belum mengacu pada media interaktif. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Quantum Learning berbasis media interaktif terhadap prestasi belajar mata kuliah umum bahasa Indonesia mahasiswa di Universitas Putera Batam. Metode penelitian ini menggunakan metode quasy experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Putera Batam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen dan pengumpulan data dilakukan melalui instrumen, yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata kuliah umum bahasa Indonesia meningkat dan berpengaruh dengan menerapkan metode Quantum Learning berbasis media interaktif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh  sedangkan   = 1,6607  pada taraf nyata dengan = 0,05 dan dk = 56. Hipotesis yang menunjukkan  diterima karena . Selain itu, tidak terdapat interaksi antara metode Quantum Learning dengan media interaktif dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  <  (0,03 < 1,35) untuk interaksi = 0,05.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. DePorter, Bobbi. Reardon, Mark. Nouri, S. S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktekan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa. Irianto. (2004). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Perdana Media. Oktavia, Y. (2017). The Effectiveness of Quantum Learning Method Technology-Based Assisted Learning Media Toward Students’ Learning Achievement on Indonesian Subject at Grade XII of SMAN 5 Batam. In ICST 2017 (Vol. 1). Rusman. (2010). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Progesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Rustaman N.Y. Dirdjosoemarto, S. Yudianto, Achmad Y. Subyekti R, Rochintaniat D., dan N. M. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Sari, Intan Kumala, Budhi Setiawan, K. S. (2012). Penerapan Metode Quantum Learning dengan Teknik Pengelompokan (Clustering) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1 nomor 3, 30–42. Sigit, B. J. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali Pers. Sujana, N. dan A. R. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Suryabrata, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.5133 | Abstract views : 234 | PDF views : 234 |

Copyright (c) 2018 Yunisa Oktavia

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.