TINGKAT STRES KERJA PERAWAT DENGAN PERILAKU CARING PERAWAT

Authors

  • Riza Desima

DOI:

https://doi.org/10.22219/jk.v4i1.2380

Keywords:

working stress level, nurse caring behavior

Abstract

TINGKAT STRES KERJA PERAWAT DENGAN PERILAKU CARING PERAWAT 

Nurse working stress with nurses’ caring behavior

Riza Desima

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah MalangJalan Bendungan Sutami 188A Malang 65145email: rhiza_ners@yahoo.com

ABSTRAK

Rumah sakit merupakan salah satu bentuk sarana kesehatan, baik yang di selenggarakan oleh pemerintah dan atau masyarakat yang berfungsi untuk melakukan upaya kesehatan dasar atau kesehatan rujukan dan upaya kesehatan penunjang. Perawat yang yang bekerja di ruang rawat inap sering kali mengalami stres akan mengalami kehilangan motivasi, kejenuhan yang berat dan tidak masuk kerja lebih sering, sehingga ini akan berdampak pada penurunan kualitas kerja terutama terhadap perilaku caring yang ditunjukkan oleh perawat terhadap pasien, khususnya bagi perawat yang berada di Instalasi Rawat Inap yang menghadapi berbagai macam keluhan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain Cross Sectional. Sempel yang di gunakan sebanyak 42 perawat rawat inap dan 42 pasien di ruang rawat inap dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling, data di ambil dengan cara kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah Uji statistik Chi Square. Hasil analisis menggunakan Uji statistik Chi Square yang sudah dilakukan (continuity correction) dengan p Value pada kolom Asymp sing = 0,001 p value lebih kecil dari nilai alpha (5% atau 0,05) sehingga H1 diterima. Ada hubungan antara tingkat stres kerja dengan perilaku caring perawat Di Istalansi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malang. Dengan demikian tingkat stres kerja perawat mempengaruhi perilaku caring perawat.

Kata kunci: Tingkat Stres Kerja, Perilaku Caring Perawat.

ABSTRACT

Hospital is one of health means, either that is organized by government or by society that served to do basic health effort or referenced health and supporting health efforts. Nurses that work at the hospitalization installation room often feel stress, motivation loss, saturated and often absent, so it will decrease the work quality especially toward caring behavior that is shown by nurse to the patient, especially for the nurse at the hospitalization installation room that facing various patients complaints. The research was cross sectional research. It has 42 samples of hospitalization installation nurses and 42 in patients with total sampling technique, data taken by questionnaire. Data analysis was done by using chi square statistical test. The analysis results by chi square statistical test that is given continuity correction with p value at Asymp sing column = 0.001 p value that is smaller than alpha value (5% or 0.05) so H1 is accepted. The analysis results shown that the relation between working stress level with caring behavior of nurse at Hospitalization installation room of Malang Islamic Hospital. So the working stress levels of nurse influence the nurse caring.

Keywords : working stress level, nurse caring behavior

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-30

Issue

Section

Articles