Psikoedukasi Kebersyukuran Kepada Tuhan
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11545Keywords:
Psikoedukasi, Kebersyukuran, ReligiusitasAbstract
Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Di masa remaja banyak sekali terjadi perubahan pada diri anak. Mulai dari fisik, emosi dan kognitif. Perubahan-perubahan itu memengaruhi perilaku remaja itu sendiri. Oleh karena itu, di masa remaja sering kali menjadi masa-masa yang rawan masalah. Salah satu penyelesaian yaitu dengan adanya rasa syukur kepada Tuhan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu untuk memberikan psikoedukasi tentang kebersyukuran kepada Tuhan. Mitra kegiatan yaitu panti asuhan putri aisiyah Malang. Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa secara keseluruhan remaja panti asuhan memiliki kebersyukuran yang sedang dengan aspek yang paling dominan yaitu pada aspek grateful, sedangkan skor terendah pada aspek thankful.
Downloads
References
Al-Jauziyyah, I.Q. (2005). Mukhtaṣ ar: ‘Uddah al-ṣ abirin wa dakhirah alshakirin (Perisai orang-orang sabar dan bersyukur). Edisi Indonesia. Solo: Pustaka Arafah. Arief, M. F., & Habibah, N. (2015). Pengaruh Strategi Aktivitas (Bersyukur dan Optimis) terhadap Peningkatan Kebahagiaan pada Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan Universitas Muhammadiyah Malang. Desmita, (2006). Psikologi perkembangan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya Emmons, R.A. & McCullough, M. E. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of Personality and Social Psychology, 84(2), 377-389. Hurlock, E. B. (1994). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi kelima. Jakarta : Erlangga. Monks dkk,(1991). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. (2002). The Grateful Disposition: A Conceptual and Empirical Topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82, 112–127. Mukhlis, H. (2014). Pelatihan Kebersyukuran untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(3). Santrock, J, W. (2003). Adolescence (Perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.