Pendampingan Soft Skill Pada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang

Authors

  • Zainul Anwar Universitas Muhammadiyah Malang
  • Annisa' Taqiyyatul 'Azizah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alya Fikriyati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11546

Keywords:

Pendampingan soft skill, Siswa – Siswi SMK

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan yang mempersiapkan  peserta didik untuk dapat bekerja dalam  bidang tertentu dengan keahlian tertentu sesuai dengan kejuruannya. Siswa – siswi SMK memang disiapkan untuk dapat langsung terjun di dunia kerja. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skills saja tetapi juga memiliki soft skills yang baik. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skills) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Penelitian ini mengungkapkan, bahwa kesuksesan  hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skills dan sisanya 80% oleh soft skills. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang dengan tujuan untuk mengembangkan soft skill siswa-siswi SMK.  Metode yang digunakan berupa pendampingan dengan beberapa kegiatan, yaitu asesmen, pelatihan, dan konseling individual. Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa siswa-siswi SMK sangat tertarik dengan adanya pendampingan  soft skills dan melalui kegiatan  ini siswa – siswi dapat mengetahui potensi (soft skills) yang mereka miliki sehingga membantunya dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan soft skills-nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ichasan S.P dan Ariyanti P., (2005), Sukses dengan Soft Skills, Direktorat Pendidikan ITB. Manuaba, A., (1998), Penerapan Ergonomi Kesehatan Kerja di Rumah Tangga (Bunga Rampai Vol. II) Denpasar; Program Studi Ergonomi-Fisiologi Kerja Universitas Udayana. Sailah I., (2006), Pengembangan soft Skills di Perguruan Tinggi Sailah I., (2007), Pengembangan soft Skills di Perguruan Tinggi Sucipto I., (2009), Holistik Soft Skills, Denpasar Bali: Udayana University Press Soelistiyowati, E. 2008. Model evaluasi soft skills mahasiswa Bahasa Inggris. Makalah. Jakarta: Panitia Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI. UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Anwar, Z., ’Azizah, A. T., & Fikriyati, A. (2020). Pendampingan Soft Skill Pada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Altruis: Journal of Community Services, 1(1), 9–24. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11546

Issue

Section

Articles