Pendampingan Soft Skill Pada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11546Keywords:
Pendampingan soft skill, Siswa – Siswi SMKAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu dengan keahlian tertentu sesuai dengan kejuruannya. Siswa – siswi SMK memang disiapkan untuk dapat langsung terjun di dunia kerja. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skills saja tetapi juga memiliki soft skills yang baik. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skills) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Penelitian ini mengungkapkan, bahwa kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skills dan sisanya 80% oleh soft skills. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang dengan tujuan untuk mengembangkan soft skill siswa-siswi SMK. Metode yang digunakan berupa pendampingan dengan beberapa kegiatan, yaitu asesmen, pelatihan, dan konseling individual. Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa siswa-siswi SMK sangat tertarik dengan adanya pendampingan soft skills dan melalui kegiatan ini siswa – siswi dapat mengetahui potensi (soft skills) yang mereka miliki sehingga membantunya dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan soft skills-nya.Downloads
References
Ichasan S.P dan Ariyanti P., (2005), Sukses dengan Soft Skills, Direktorat Pendidikan ITB. Manuaba, A., (1998), Penerapan Ergonomi Kesehatan Kerja di Rumah Tangga (Bunga Rampai Vol. II) Denpasar; Program Studi Ergonomi-Fisiologi Kerja Universitas Udayana. Sailah I., (2006), Pengembangan soft Skills di Perguruan Tinggi Sailah I., (2007), Pengembangan soft Skills di Perguruan Tinggi Sucipto I., (2009), Holistik Soft Skills, Denpasar Bali: Udayana University Press Soelistiyowati, E. 2008. Model evaluasi soft skills mahasiswa Bahasa Inggris. Makalah. Jakarta: Panitia Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI. UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.