Training Manajemen Diri Pada Siswa Akselerasi MAN 1 Malang

Authors

  • Djudiyah Djudiyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ihsanul Haq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Makkiyatur Rahmah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11548

Keywords:

Manajemen Diri, Siswa Akselerasi

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Di masa remaja banyak sekali terjadi perubahan pada diri anak. Mulai dari fisik, emosi, dan kognitif. Perubahan-perubahan itu mempengaruhi hakekat relasi orang tua dan remaja itu sendiri. Oleh karena itu, di masa remaja seringkali menjadi masa-masa yang kritis. Karena pada tahapan inilah seseorang mencari identitas dirinya.

Fakta-fakta tersebut juga terdapat pada siswa akselerasi di MAN I Malang, beberapa anak mengalami kesulitan dalam mengelola dirinya sehingga membuat belajarnya tidak maksimal pada hal tuntutan akademik sangat tinggi dengan adanya batasan masa studi selama dua tahun. Selain itu, banyak keluhan yang disampaikan oleh para guru khususnya guru Bimbingan Konseling bahwa terdapat beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu terkait dengan pengembangan soft skill sehingga perlu kiranya dilakukan pendampingan khusus dalam rangka memberikan fasilitas untuk pengembangan diri siswa akselerasi. 

Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa siswa akselerasi sangat tertarik dengan kegiatan ini dan melalui kegiatan ini siswa akselerasi dapat mengetahui potensi psikologisnya sehingga membantu siswa akselerasi dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan potensi-potensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2007). Penatalaksanaan psikologi program akselerasi. Jakarta: PUM Improvisasi dan Akselerasi Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Desmita, (2006). Psikologi perkembangan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hawadi, (2004). A-Z Informasi Program Percepatan Bealajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta : Erlangga.

Hurlock, E. B. (1994). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Monks dkk,(1991). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nulhakim, T. R., (2008). Program akselerasi bagi siswa berbakat akademik. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. No 73. Tahun Ke-14, Juli 2008. diakses pada tanggal 13 Agustus 2011 Diperoleh dari junal.pdii.lipi.go/admin/jurnal/147408937941.pdf

Santrock, J, W. (2003). Adolescence (Perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Djudiyah, D., Haq, I., & Rahmah, M. (2020). Training Manajemen Diri Pada Siswa Akselerasi MAN 1 Malang. Altruis: Journal of Community Services, 1(1), 39–56. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11548

Issue

Section

Articles