Training Manajemen Diri Pada Siswa Akselerasi MAN 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i1.11548Keywords:
Manajemen Diri, Siswa AkselerasiAbstract
Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Di masa remaja banyak sekali terjadi perubahan pada diri anak. Mulai dari fisik, emosi, dan kognitif. Perubahan-perubahan itu mempengaruhi hakekat relasi orang tua dan remaja itu sendiri. Oleh karena itu, di masa remaja seringkali menjadi masa-masa yang kritis. Karena pada tahapan inilah seseorang mencari identitas dirinya.
Fakta-fakta tersebut juga terdapat pada siswa akselerasi di MAN I Malang, beberapa anak mengalami kesulitan dalam mengelola dirinya sehingga membuat belajarnya tidak maksimal pada hal tuntutan akademik sangat tinggi dengan adanya batasan masa studi selama dua tahun. Selain itu, banyak keluhan yang disampaikan oleh para guru khususnya guru Bimbingan Konseling bahwa terdapat beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu terkait dengan pengembangan soft skill sehingga perlu kiranya dilakukan pendampingan khusus dalam rangka memberikan fasilitas untuk pengembangan diri siswa akselerasi.
Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa siswa akselerasi sangat tertarik dengan kegiatan ini dan melalui kegiatan ini siswa akselerasi dapat mengetahui potensi psikologisnya sehingga membantu siswa akselerasi dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan potensi-potensinya.
Downloads
References
Depdiknas. (2007). Penatalaksanaan psikologi program akselerasi. Jakarta: PUM Improvisasi dan Akselerasi Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
Desmita, (2006). Psikologi perkembangan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Hawadi, (2004). A-Z Informasi Program Percepatan Bealajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.
Monks dkk,(1991). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nulhakim, T. R., (2008). Program akselerasi bagi siswa berbakat akademik. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. No 73. Tahun Ke-14, Juli 2008. diakses pada tanggal 13 Agustus 2011 Diperoleh dari junal.pdii.lipi.go/admin/jurnal/147408937941.pdf
Santrock, J, W. (2003). Adolescence (Perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.