Sinergi Guru dan Orang Tua dalam memotivasi siswa selama pembelajaran masa COVID-19

Authors

  • Adelia Alfama Zamista Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Hanifatul Rahmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12317

Keywords:

Guru, Orangtua, Motivasi, Belajar, Covid-19

Abstract

Pandemi korona virus (covid-19) menyebabkan berubahnya ritme kerja berbagai bidang di Indonesia. Salah satu yang terdampak adalah bidang pendidikan. Dalam usaha mengurangi penyebaran virus proses pembelajaran formal yang biasanya dilaksanakan di kelas dialihkan menjadi pembelajaran dari rumah menggunakan jaringan (pembelajaran dalam jaringan/daring). Berubahnya pola proses pembelajaran ini menyebabkan berbagai pihak harus beradaptasi. Dari sisi guru, guru harus mempersiapkan segalanya dengan sudut pandang dan gaya kerja baru. Guru harus mampu memilih aplikasi yang akan dijadikan media untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa. selain itu guru juga harus menyiapkan bahan ajar yang berbeda, bahan ajar yang biasanya tertulis kini harus paper less dan merupakan bahan ajar yang bisa disebar secara online. Begitu juga dengan penugasan. Semua hal tersebut merupakan hal yang tidak familiar bagi guru. Tak jarang masalah kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi, jaringan dan berbagai aplikasi menjadi penghambat dalam pelaksanaan proses pembelajaran dari ini. Tak jauh berbeda dengan guru, siswa pun dihadapi dengan masalah yang sama. Siswa-siswa tidak terbiasa memanfaatkan gadgetnya sebagai alat bantu belajar. Sedangkan dari sisi orang tua, orang tua yang biasanya mempercayakan pendidikan anaknya kepada guru-guru disekolah merasa kewalahan ketika harus mendampingi anaknya belajar seharian. Belum lagi kurangnya pengetahuan tentang pembelajaran daring juga membuat orang tua semakin merasa diberatkan dengan model pembelajaran baru yang diterapkan selama masa covid-19 ini. Oleh karena itu tim pengabdian kepada masyarakat (PPM) STT Dumai mencoba menjadi wadah yang bisa meminimalisir masalah orang tua dan guru dalam pembelajaran masa covid-19 ini. Tim PPM STT Dumai mencoba untuk sharing infofrmasi mengenai teknologi informasi pendukung yang dapat digunakan guru selama pembelajaran covid-19 sehingga guru tetap kreatif tanpa merasa diberatkan. Dan memberikan tips-tips cara orang tua sebaiknya menjadi teman belajar yang menyenangkan bagi anaknya selama bejara dirumah. Juga memberikan pemahaman tentang pentingnya sinergi orang tua dan guru selama pembelajaran daring ini. Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan PPM ini proses pembelajaran daring yang dilaksanakan menjadi lebih menarik bagi siswa karena guru-guru semakin kreatif dan orang tua semakin mempu menjadi pendamping belajar yang menyenangkan. Sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adelia Alfama Zamista, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Teknik Industri

Hanifatul Rahmi, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Teknik Industri

Ari Sellyana, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Teknik Informatika

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Zamista, A. A., Rahmi, H., & Sellyana, A. (2020). Sinergi Guru dan Orang Tua dalam memotivasi siswa selama pembelajaran masa COVID-19. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 151–158. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12317

Issue

Section

Articles