Fotografi sebagai Media Kreativitas Anggota Dekranasda Jawa Barat untuk Memasarkan Produk Unggulannya

Authors

  • Rizca Haqqu Telkom University
  • Rah Utami Nugrahani
  • Sylvie Nurfebiaraning
  • Freddy Yusanto

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12323

Keywords:

Kata Kunci, Pengabdian Masyarakat, Fotografi, UKM Dekranasda Jawa Barat

Abstract

 

Pengabdian banyarakat dengan mitra sasar pelaku UKM yang tergabung dalam anggota Dekranasda Jawa Barat bertujuan untuk memberikan transfer knowledge. Adapun pelatihan yang diberikan adalah memberikan wawasan tentang fotografi dan pemasaran melalui media sosial. Pelatihan  ini  dilakukan  dengan  konsep  workshop fotografi  dengan  materi  seperti  komposisi, shot size, pengenalan  metode  pemotretan  objek,  prinsip  dan  teknik  untuk  melakukan  setting    eksposure  pada  kamera  yang  akan  dipakai,  teknik  pencahayaan  (lighting),  pemilihan properti  yang  tepat  untuk  meningkatkan  nilai  sebuah produk  hingga trik  memotret  produk  dengan  kualitas profesional  namun  dengan  perangkat  seadanya  seperti  smartphone  ataupun  camera  pocket.  Dengan pelatihan  ini,  diharapkan  peserta  mampu  meningkatkan  kualitas  foto  produk  mereka  sehingga  mampu menarik  lebih  banyak  calon  pembeli  yang  berimbas  pada  pengingkatan  penghasilan  para  anggota  UKM Dekranasda Jawa Barat dalam menjalankan bisnis onlinenya. antusiasme para pelaku UKM untuk mendapatkan ilmu tentang fotografi dan pemasaran online sangat tinggi. Rata-rata materi yang disampaikan mudah dipahami dan dapat dipalikasikan secara langsung.  Dengan kata lain pelatihan yang diberikan efektif meningkatkan kualitas foto produk sehingga akan berdampak pada naiknya jumlah minat pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA APJII. (2018). Laporan Survey Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Bull, S. (2010). Photography. Oxon: Routledge.

Haqqu, R. (2020). UJI USES AND GRATIFICATIONS DALAM INTENSITAS MENONTON PROGRAM TALK SHOW MELALUI TELEVISI . Coverage, 11-18.

Haqqu, R., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2019). Teenagers’ Entertainment Satisfaction in Watching Talk Show Program through Youtube . Jurnal The Messenger, 38-45.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nugrahani, R. U., & Damayanti, L. C. (2019). Peningkatan Brand Awarness Kampoeng Rajoet di Wilayah Binong Jati Kota Bandung Melalui Pelatihan Digital Marketing. Komunikasi Digital Menuju Masyarakat Mandiri (pp. 77 - 84). Lombok: Universitas Mataram.

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Haqqu, R., Nugrahani, R. U., Nurfebiaraning, S., & Yusanto, F. (2020). Fotografi sebagai Media Kreativitas Anggota Dekranasda Jawa Barat untuk Memasarkan Produk Unggulannya. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 133–140. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12323

Issue

Section

Articles