Fotografi sebagai Media Kreativitas Anggota Dekranasda Jawa Barat untuk Memasarkan Produk Unggulannya
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12323Keywords:
Kata Kunci, Pengabdian Masyarakat, Fotografi, UKM Dekranasda Jawa BaratAbstract
Pengabdian banyarakat dengan mitra sasar pelaku UKM yang tergabung dalam anggota Dekranasda Jawa Barat bertujuan untuk memberikan transfer knowledge. Adapun pelatihan yang diberikan adalah memberikan wawasan tentang fotografi dan pemasaran melalui media sosial. Pelatihan ini dilakukan dengan konsep workshop fotografi dengan materi seperti komposisi, shot size, pengenalan metode pemotretan objek, prinsip dan teknik untuk melakukan setting eksposure pada kamera yang akan dipakai, teknik pencahayaan (lighting), pemilihan properti yang tepat untuk meningkatkan nilai sebuah produk hingga trik memotret produk dengan kualitas profesional namun dengan perangkat seadanya seperti smartphone ataupun camera pocket. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan kualitas foto produk mereka sehingga mampu menarik lebih banyak calon pembeli yang berimbas pada pengingkatan penghasilan para anggota UKM Dekranasda Jawa Barat dalam menjalankan bisnis onlinenya. antusiasme para pelaku UKM untuk mendapatkan ilmu tentang fotografi dan pemasaran online sangat tinggi. Rata-rata materi yang disampaikan mudah dipahami dan dapat dipalikasikan secara langsung. Dengan kata lain pelatihan yang diberikan efektif meningkatkan kualitas foto produk sehingga akan berdampak pada naiknya jumlah minat pembeli.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA APJII. (2018). Laporan Survey Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Bull, S. (2010). Photography. Oxon: Routledge.
Haqqu, R. (2020). UJI USES AND GRATIFICATIONS DALAM INTENSITAS MENONTON PROGRAM TALK SHOW MELALUI TELEVISI . Coverage, 11-18.
Haqqu, R., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2019). Teenagers’ Entertainment Satisfaction in Watching Talk Show Program through Youtube . Jurnal The Messenger, 38-45.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nugrahani, R. U., & Damayanti, L. C. (2019). Peningkatan Brand Awarness Kampoeng Rajoet di Wilayah Binong Jati Kota Bandung Melalui Pelatihan Digital Marketing. Komunikasi Digital Menuju Masyarakat Mandiri (pp. 77 - 84). Lombok: Universitas Mataram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.