Penerapan Permainan Monopoli Karir dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karir Siswa SMP

Authors

  • Muhammad Fahrudin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muis Tamsil

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.12798

Abstract

Karir adalah bagian penting dari individu pada nyaris sepanjang rentang kehidupannya karena mempengaruhi kualitas perkembangan kesehatan mentalnya. Sebab itu, seseorang memerlukan perencanaan karir yang matang. Secara khusus, perencanaan karir dibutuhkan bagi siswa untuk merencanakan kelanjutan proses pendidikan yang akan ditempuhnya sehingga siswa dapat lebih terfokus dan bekerja secara efektif dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengejar karirnya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengaplikasikan permainan monopoli karir siswa dalam bimbingan kelompok untuk mematangkan perencanaan karir di sebuah SMP berbasis Islam di Surabaya. Pengabdian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, Partisipan dalam pengabdian ini adalah 4 siswa dengan skor perencanaan karir berkategori rendah. Hasil tes uji deskriptif menunjukan bahwa terjadi peningkatan secara rata-rata, namun tidak terjadi perbedaan yang signifikan secara statistik di antara dua kelompok pada perencanaan karir siswa. Laporan ini menyimpulkan bahwa tidak adapeningkatan secara signifikan pada perencanaan karir siswa setelah penerapan permainan monopoli dalam bimbingan kelompok .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Fahrudin, M., & Tamsil, M. (2020). Penerapan Permainan Monopoli Karir dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karir Siswa SMP. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 165–173. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.12798

Issue

Section

Articles