Penerapan Permainan Monopoli Karir dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karir Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.12798Abstract
Karir adalah bagian penting dari individu pada nyaris sepanjang rentang kehidupannya karena mempengaruhi kualitas perkembangan kesehatan mentalnya. Sebab itu, seseorang memerlukan perencanaan karir yang matang. Secara khusus, perencanaan karir dibutuhkan bagi siswa untuk merencanakan kelanjutan proses pendidikan yang akan ditempuhnya sehingga siswa dapat lebih terfokus dan bekerja secara efektif dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengejar karirnya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengaplikasikan permainan monopoli karir siswa dalam bimbingan kelompok untuk mematangkan perencanaan karir di sebuah SMP berbasis Islam di Surabaya. Pengabdian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, Partisipan dalam pengabdian ini adalah 4 siswa dengan skor perencanaan karir berkategori rendah. Hasil tes uji deskriptif menunjukan bahwa terjadi peningkatan secara rata-rata, namun tidak terjadi perbedaan yang signifikan secara statistik di antara dua kelompok pada perencanaan karir siswa. Laporan ini menyimpulkan bahwa tidak adapeningkatan secara signifikan pada perencanaan karir siswa setelah penerapan permainan monopoli dalam bimbingan kelompok .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-18
How to Cite
Fahrudin, M., & Tamsil, M. (2020). Penerapan Permainan Monopoli Karir dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karir Siswa SMP. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 165–173. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.12798
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.