Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha

Authors

  • Ismah Ismah
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Wiwik Kusdaryani

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13351

Keywords:

Pengembangan UMKM, Meningkatkan Minat Berwirausaha

Abstract

Permasalahan perkembangan UMKM yaitu belum berkembang secara maksimal dan belum mampu berkembang mengikuti perkembangan zaman yaitu perkembangan UMKM di era digital. Hal ini disebabkan masyarakat kurangnya sikap mandiri dalam mengembangkan usaha, rendahnya minat berwirausaha di era digital 4.0 dan ketidakmampuan mengembangkan strategi interaksi terhadap pemasaran produk. Jika menilik kondisi pentingnya perkembangan UMKM sangat memberikan manfaat terkait kesejahteraan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu perkembangan UMKM sangat penting untuk di kembangkan agar masrayarakat mendapatkan kesejahteraan perekonomian yang baik. Program PKM ini bekerja sama dengan mitra yaitu PKK UMKM kelurahan kemijen kota semarang. Program ini, tim Universitas PGRI Semarang memberikan materi kepada anggota UMKM terkait perkembangan UMKM di era digital.

Target luaran yang dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu anggota UMKM memperoleh pemahaman dan keterampilan terkait pengembangan UMKM sebagai sarana penting dalam pengembangan perekonomian masyarakat. Berkembangnya perokonomian masyarakay maka diharapkan mampu memenuhi kebutuhannya. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peserta UMKM dapat memilikin pemahaman dan keterampilan terkait pengembangan sikap mandiri dalam berwirausaha dan mampu mengembangkan minat untk mengembangkan UMKM serta memiliki keterampiian interaksi terhadap pemasaran produk.

Kata kunci : Pengembangan UMKM, Meningkatkan Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chabibie, Hasan, 1 Februari 2017. “Literasi Digital Sebagai Tulang Punggung Pendidikan”.http://pustekkom.kemdikbud.go.id/literasi-digital-sebagaitulang punggung-pendidikan / diunduh 20 Januari 2017. Erdianto, Kristanto, “Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat, Pemerintah Bikin Progam Ini”. Kompas.com - 08/12/2017, 17:23 WIB. http://nasionkal.kompas.com/read/2017/12/08/17231901/tingkatkanliterasi-digital-masyarakat-pemerintah-bikin-progam-ini diunduh 20Januari 2018. Segal, Gerry, Borgia and Jerry Schoenfeld. 2005. The Motivation To Become An Entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Researc. Vol. 11 No 1. Emerald Group Publishing Limited. USA. Susanto. 2000. Kewirausahaan. Ghalia Indonesia. Jakarta. Sumardi, K. (Pebruari 2007). Menakar jiwa wirausaha mahasiswa teknik mesin angkatan 2005. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, IV(10). Soemanto, (2002). Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha. Jurnal Online. Mahesa. 2012. Analisis faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi minat berwirausaha. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewFile/787/762

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Ismah, I., Suhendri, S., & Kusdaryani, W. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 174–181. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13351

Issue

Section

Articles