Implementasi Nilai-Nilai Antikorupsi pada Siswa Kelas V di Samarinda Utara
DOI:
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13389Keywords:
Pendidikan Anti KorupsiAbstract
Penelitian pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi karena Indonesia sedang menghadapi kondisi yang tidak stabil, banyak terjadi korupsi dimana-mana baik di lingkup pemerintahan pusat, daerah dan lingkup lainnya. Keberadaan korupsi ini perlu diatasi dengan tepat agar tidak membudaya kepada calon generasi penerus bangsa.Lembaga pendidikan salah satunya dapat mencegah perbuatan korupsi tersebut, melalui pananaman dan penerapan nilai-nilai anti korupsi yang dilaksanakan di SDN 024 Samarinda Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitiannya adalah siswa SDN 024 Samarinda Utara , di dalam penelitian pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dan penjelasan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara langsung kepada guru ataupun siswa peserta sosialisasi kegiatan. kegiatan tersebut dilakukan selama 2 bulan dengan 4 kali pertemuan tatap muka, penelitian pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk menanmkan nilai-nilai anti kepada generasi muda yang ke depannya diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang terbebas dari perbuatan korupsi serta menjunjung tinggi nilai-nilai anti korupsi, serta menghasilkan calon generasi penerus bangsa yang bertanggung jawab, jujur serta bebas dari prilaku korupsi. Saran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemerintah harus ikut andil dan memegang peranan yang sangat besar untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh sekolah yang ada mengenai pentingnya pendidikan anti korupsi, dan melatih guru-guru di sekolah bagaimana cara yang benar untuk menanmkan nilai-nilai anti korupsi pada anak .Sekolah harus melaksanankan berbagai kegiatan yang mendukung, untuk upaya melaksanakan pendidikan anti korupsi melalui program-program yang dilaksanakan oleh sekolah, dan perlu dilakukan peninjauan kembali yang harus dilakukan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya dan harapannya dapat mengambil sampel yang lebih besar dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Altruis agree to the following terms:
- For all articles published in Altruis, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.