Implementasi Nilai-Nilai Antikorupsi pada Siswa Kelas V di Samarinda Utara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13389

Keywords:

Pendidikan Anti Korupsi

Abstract

                      

Penelitian pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi karena Indonesia sedang menghadapi kondisi yang tidak stabil, banyak terjadi korupsi dimana-mana baik di lingkup pemerintahan pusat, daerah dan lingkup lainnya. Keberadaan korupsi ini perlu diatasi dengan tepat agar tidak membudaya kepada calon generasi penerus bangsa.Lembaga pendidikan salah satunya dapat mencegah perbuatan korupsi tersebut, melalui pananaman dan penerapan nilai-nilai anti korupsi yang dilaksanakan di SDN 024 Samarinda Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitiannya adalah siswa SDN 024 Samarinda Utara , di dalam  penelitian pengabdian masyarakat ini menggunakan metode  kualitatif dan penjelasan  deskriptif,  dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara langsung kepada guru ataupun siswa peserta sosialisasi kegiatan.  kegiatan tersebut dilakukan selama 2 bulan dengan 4 kali pertemuan tatap muka, penelitian pengabdian masyarakat ini dilakukan  untuk menanmkan nilai-nilai anti kepada   generasi muda yang  ke depannya diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang terbebas dari perbuatan korupsi serta menjunjung tinggi nilai-nilai anti korupsi, serta menghasilkan calon generasi penerus bangsa yang bertanggung jawab, jujur serta bebas dari prilaku korupsi. Saran  dari kegiatan pengabdian masyarakat  ini adalah pemerintah harus ikut andil dan memegang peranan yang sangat besar  untuk memberikan  sosialisasi kepada seluruh sekolah yang ada mengenai pentingnya pendidikan anti korupsi, dan melatih guru-guru di sekolah bagaimana cara yang benar untuk menanmkan nilai-nilai anti korupsi pada anak .Sekolah harus melaksanankan berbagai kegiatan yang mendukung, untuk upaya melaksanakan pendidikan anti korupsi melalui program-program yang dilaksanakan oleh sekolah, dan perlu dilakukan peninjauan kembali yang harus dilakukan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya dan harapannya dapat mengambil sampel yang lebih besar  dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Handayani, E. S., & Saldam, S. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Antikorupsi pada Siswa Kelas V di Samarinda Utara. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 194–199. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13389

Issue

Section

Articles