Webinar Growth-Mindset untuk Pembelajaran Online Pada Siswa SMA di Samarinda

Authors

  • Devi Jatmika Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.14669

Keywords:

Mindset, growth mindset, fixed mindset, belajar daring, Covid-19

Abstract

Pandemi COVID 19 telah membuat perubahan yang cepat dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan belajar siswa. Kegiatan belajar tatap muka di sekolah diganti dengan belajar daring dari rumah. Adanya perubahan ini membutuhkan kemampuan adaptasi dan ketangguhan karena belajar daring masih memiliki kendala seperti siswa menjadi tidak bersemangat, merasa malas, bosan dan menunjukkan menurunnya motivasi belajar. Sikap ini akan menghambat siswa dalam mencapai tujuan belajar dan mengalami stress akademik. Siswa yang memiliki growth mindset akan lebih dapat berusaha lebih, melihat tantangan dan kegagalan dari sisi positif serta mencari strategi baru untuk menghadapi masalah. Edukasi mengenai mindset dibutuhkan untuk prevensi dan membangun pribadi siswa yang tangguh selama belajar jarak jauh di masa pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Devi Jatmika, Universitas Bunda Mulia

Universitas Bunda Mulia

References

Broto, S. (2012). Mindset sukses penentu pribadi sukses, Yogyakarta: Andi Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017). Pengaruh growth dan fixed mindset terhadap grit pada mahasiswa fakultas psikologi universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 133-146. Dweck, C. S. (2012). Mindset: How you can fulfil your potential. London: Constable & Robinson Ltd. Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 persen siswa mengaku tak nyaman belajar di rumah. Retrieved from: https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. (2017). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. Gunawan, A. W. (2007). The secret of mindset, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Mosanya, M. (2020). Buffering academic stress during the COVID-19 pandemic related social isolation: Grit and growth mindset as protective factors against the impact of loneliness. International Journal of Applied Positive Psychology. https://doi.org/10.1007/s41042-020-00043-7 Visser, C. (2013). Professional helpers’ growth mindset, work engangement and self-reported performance. Progress Focused Approach, 1-5

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Jatmika, D. (2020). Webinar Growth-Mindset untuk Pembelajaran Online Pada Siswa SMA di Samarinda. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 188–193. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.14669

Issue

Section

Articles