Penerapan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Tahun 2018 di Yogyakarta

Authors

  • Rahmat Hidayat BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Anggraeni Wulandari BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v2i1.16118

Keywords:

Implementasi Program, Kuliah Kerja Nyata Tematik, Program Kependudukan-Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga

Abstract

ABSTRAK Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik merupakan inovasi untuk kegiatan pengabdian masyarakat dari universitas. Program KKN tematik dengan tema Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam penelitian ini merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini ditujukan untuk menjawab bagaimana pengelolaan dan implementasi KKN tematik KKBPK tersebut. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2018. Pemilihan sampel informan menggunakan purposive sampling kepada narasumber terpilih dan kelompok KKN tematik Program KKBPK UAD Tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKN tematik KKBPK mendapat respon positif dari masyarakat. KKN dengan beragam program KKBPK berhasil menggerakan swadaya masyarakat, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang KKBPK dan menjalin kerjasama lintas sektor. Peneliti merekomendasikan ada penelitian lanjutan untuk melihat keberlanjutan program yang telah dirintis KKN tematik KKBPK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BKKBN. (2017). Pedoman Operasional Pendidikan Kependudukan melalui KKN Tematik di Perguruan Tinggi. Jakarta: BKKBN.

Capella-Peris, C., Gil-Gomez, J., & Chiva-Bartoll, O. (2020). Innovative analysis of service-learning effects in physical education: a mixed-methods approach. Journal of Teaching in Physical Education, 39(1), 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.1123/jtpe.2019-0030

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dewey, J., Bacon, F., Comte, A., Whitehead, A. N., & Dewey, J. (1997). Experience and education (10th ed.). New York: Touchstone.

LPPMUAD. (2018). Laporan Pelaksanaan KKN tematik Program KKBPK UAD tahun 2017/2018. Yogyakarta.

Salmons, J. (2015). Qualitative online interviews (2nd ed.; V. Knight, Ed.). London: Sage Publications Ltd.

Sharma, G. (2017). Pros and cons of different sampling techniques. International Journal of Applied Research, 3(7), 749–752.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.; Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Undang-undang Republik Indonesia No. 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488. https://doi.org/10.1177/009539977500600404

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Hidayat, R., & Wulandari, A. (2021). Penerapan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Tahun 2018 di Yogyakarta. Altruis: Journal of Community Services, 2(1). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i1.16118

Issue

Section

Articles