Pengenalan Beretika Komunikasi dalam Sosial Media di Kalangan Remaja SMA Windu Wacana Kota Cirebon

Authors

  • Nurudin Siraj FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Farida Nurfalah FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Raden Annisa Listiana FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Rifka Noviani Santika FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.16546

Keywords:

etika komunikasi, media sosial

Abstract

Pertumbuhan penggunaan internet dari tahun ke tahun selalu meningkat di berbagai media terutama di media online. SMA Windu wacana sangar peduli pada pendidkan seringkali memposting dan memotivasi siswanya untuk peduli pendidikan terlebih lagi literasi media. Sebagai tindakan prepentif bagi Siswa mengenai nilai dan etika berkomunikasi untuk menjaga nama baik dan almamaternya dengan melakukan ceramah melakukan pengenalan, evaluasi dan studi kasus dalam postingan mereka di media sosial. Remaja SMA Windu Wacana sebagai peserta mereka mengatakan bahwa mereka menjadi lebih mengetahui tentang komunikasi, lebih mengetahui tata cara berkomunikasi dan  lebih bijak menggunakan komunikasi karena seperti pada materi sosialisasi bahwa banyak informasi berada di media digital membuat seseorang sulit menentukan informasi yang  benar dan tidak benar serta upload informasi maupun foto harus bagus dan baik dan menjaga sopan santun. Peserta sosialisasi bertambah pengetahuannya dan dapat menyimak serta menjelaskan kembali bahkan mampu menganalisis dan memaknai tentang materi yang disampaikan. Literasi media sosial diantara mereka sudah mulai tertatam berdasarkan wawasan dan pengalaman yang mereka alami. Mereka memiliki kesadaran dan ikut berupaya dalam melakukan etika komunikasi di media sosial dengan mendeskripsikan upaya dan cara yang harus mereka lakukan. Mereka menggunakan media sosial untuk kebutuhan akan informasi, wawasan serta mereka dalam mengposting informasi dan gambar dipertimbangkan dari aspek etika dan nilai manfaatnya, bahkan mereka menerima saran untuk mengikuti Akun yang ada kaitannya dengan hobby, promosi dan lainnya sehingga mereka dapat menjadi rujukan untuk beretika komunikasi dalam menggunakan media sosial karena semua siswa dan guru yang mengikuti sosialisasi memiliki media sosial dan peningkatan keberdayaan mitra sesuai permasalahan yang dihadapi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kaplan, Andreas M & Michael Haenlein. (2010).,Users of the World, Business Horizons : United The Challenges and Opportunities of Social Media.

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4 No. 2.

Rahadi, Dedi Rianto. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMDK). Universitas Merdeka Malang. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017.

Shea, Virginia., (1994)., The Core Rule of Netiquette., San Francisco : Albion Books

https://idalamat.com/alamat/21787/sma-windu-wacana-cirebon (diakses Oktober 2020)

https://www.facebook.com/winacrb59/(diakses Oktober 2020)

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Siraj, N., Nurfalah, F., Listiana, R. A. ., & Santika, R. N. (2021). Pengenalan Beretika Komunikasi dalam Sosial Media di Kalangan Remaja SMA Windu Wacana Kota Cirebon. Altruis: Journal of Community Services, 2(2). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.16546

Issue

Section

Articles