Efektivitas permainan monopoli untuk meningkatkan pengetahuan tentang budaya Sulawesi Selatan pada siswa di Runiah School

Authors

  • Sri Rindayani Universitas Negeri Makassar
  • Thesa Aulia Pandung Radha Universitas Negeri Makassar
  • Yusuf Muhammad Nur Universitas Negeri Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Negeri Makassar
  • Sri Wahyuni Salman Universitas Negeri Makassar
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v3i4.23452

Keywords:

Cultural knowledge, Monopoly game

Abstract

Monopoly game is a game specially modified to be used as a learning medium. The use of games as learning media is used to make students interested and happy to learn. The purpose of implementing this monopoly game is to introduce the culture in South Sulawesi to students at Runiah School. The cultural monopoly game was played by 4 fifth-grader at Runiah School. The results obtained from the implementation of the cultural monopoly game show that the cultural monopoly game helps significantly increase students' understanding of culture in South Sulawesi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Davidi, E. I. N. (2018). Permainan monopoli berbasis problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(10), 59–69.

Desyawati, K., Goreti, M., Kristiantari, R., Agung, G., & Negara, O. (2021). Media permainan monopoli berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168–174. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.32466

Enjelina, W., Ningrum, A. F., & Erda, Z. (2020). Pengaruh modifikasi permainan monopoli terhadap pengetahuan dan sikap siswa mengenai keamanan makanan jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 29. https://doi.org/10.26714/jkmi.15.1.2020.29-34

Hidayat, A., & Muhajir. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V Sd Siti Aminah Surabaya. Jurnal Seni Rupa 3, 218–226.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis permainan monopoli untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 sekolah dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Masnarati, C. (2020). Penerapan permainan monopoli dengan pembelajaran IPS pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 53(9), 1689–1699.

Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Senkim: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin , 2(1), 60–67.

Suprapto, A. N. (2013). Permainan monopoli sebagai media untuk meningkatkan minat belajar tata boga di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1), 37–43. https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i1.2963

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-11-30

How to Cite

Rindayani, S., Aulia Pandung Radha, T., Muhammad Nur, Y., Rahayu , S., Wahyuni Salman, S., & Meizara Puspita Dewi , E. (2022). Efektivitas permainan monopoli untuk meningkatkan pengetahuan tentang budaya Sulawesi Selatan pada siswa di Runiah School. Altruis: Journal of Community Services, 3(4), 97–100. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i4.23452

Issue

Section

Articles