PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT MENGANDUNG BISKUIT CRACKS TERHADAP KADAR LEMAK DAN KADAR PROTEIN SUSU SAPI PERAH FRIESH HOLLAND DI PETERNAKAN RAKYAT BATU

THE EFFECT OF GIVING CONCENTRATES CONTAINING BISCUIT CRACKS ON FAT LEVELS AND PROTEIN LEVELS OF FRIESH HOLLAND DAIRY COW AT BATU PEOPLE'S LIVESTOCK

Authors

  • Suryo Hadi SMK Muhammadiyah 01 Batu
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sujono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/aras.v4i1.28924

Keywords:

Biskuit, Lemak, Protein

Abstract

Pakan merupakan salah satu aspek penting yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha peternakan, pakan akan berdampak langsung terhadap hasil produksi pada peternakan sapi perah pakan akan berdampak langsung terhadap hasil produksi susu baik kuantitas dan kualitas hasil pemerahan susu. Usaha penigkatan kualitas susu sapi salah satunya dengan penggunaan bahan pakan yang dicampur dalam konsentrat sapi perah yaitu dengan menggunakan biskuit cracks dengan tujuan untuk menambah kandungan protein, energi atau gizi pada pakan konsentrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrat yang mengandung biscuit Cracks terhadap kadar lemak dan protein susu sapi perah FH di peternakan rakyat Kota Batu. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode percobaan (eksperimen) yaitu dengan memberikan konsentrat yang mengandung biskuit cracks terhadap sapi – sapi yang sedang laktasi dan hasil perhan susunya dilakukan analisa kualitas susu yaitu: kadar lemak dan kadar protein, dari hasil kualitas tersebut maka akan didapatkan hasil harga tertinggi berdasarkan kadar kulitas susu dari perbedaan perlakuan konsentrat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian konsentrat mengandung biscuit Cracks mendapatkan kandungan protein susu tertinggi yaitu 3,22% (P3). Perlakuan P3 juga menghasilkan kandungan lemak susu tertinggi (5,28%) dibanding dengan perlakuan kontrol (P1) ataupun pemberian konsentrat yang mengandung biscuit Cracks sebesar 50% (P2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pakan konsentrat yang mengandung biskuit cracks berpengaruh terhadap kadar lemak dan kadar protein susu sapi perah, sehingga dengan adanya pengaruh akan berdampak terhadap harga susu pada tingkat koperasi dan meningkatkan pendapatan peternak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A. 2012. Perbaikan Genetik Sifat Produksi Susu Sapi Freshien Holstein melalui Seleksi.Makalah Wartazao, Vol. 22(1): Tahun 2012. Balai Penelitian Ternak. Po Box 221, Bogor 16.002.

Badan Litbang Pertanian,1996.Mengenal Jenis Hijauan Makanan Ternak. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. BPTP Gedong Johor, Sumatera Utara.

Ditjennak. 2010. Statistik Peternakan, Direktorat Jendral Peternakan, Departement Pertanian.

Kusrahayu, Simulyani, Anang M.L. 2009. Ilmu dan teknologi susu. BP UNDIP. Semarang.

Legowo, A. M,, Kusrahayu., & Mulyani, S. 2009. Ilmu dan Teknologi Susu. BP UNDIP. Semarang

Mardalena. 2008. Pengaruh Waktu Pemerahan dan Tingkat Laktasi terhadap Kualitas Susu Sapi Perah Peranakan Fresh Holstein. Jurnal ilmiah ilmu peterknakan, Vol. 11(3). Staf pengajar Fakultas Peternakan Universitas Jambi, Jambi.

Murni. R., Suparjo, Akmal, B. L. 2008. Buku Ajar Pemanfaatan Limbah Pakan untuk Pakan. Laboratorium Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Jambi. Jambi

Ramadhan B. G., Suprayogi, T. H., & Sutiyah, A. 2013. Penelitian Tampilan Produksi Susu dan Kadar Lemak Susu Kambing PE Akibat Pemberian Pakan Imbangan Hijauan dan Konsentrat yang Berbeda. Diterbitkan dalam jurnal Animal Agricutural journal, Vol. 2(1): 353- 361.

Sutiyah. A, Suprayogi, H. & Ramadhan, B. G. 2013.. Penelitian Tampilan Produksi Susu dan Kadar Lemak Susu Kambing PE Akibat Pemberian Pakan Imbangan Hijauan dan Konsentrat yang Berbeda. Jurnal Animal Agricutural journal, Vol. 2(1): 353- 361.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Hadi, S., Khotimah, K., & Sujono. (2023). PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT MENGANDUNG BISKUIT CRACKS TERHADAP KADAR LEMAK DAN KADAR PROTEIN SUSU SAPI PERAH FRIESH HOLLAND DI PETERNAKAN RAKYAT BATU: THE EFFECT OF GIVING CONCENTRATES CONTAINING BISCUIT CRACKS ON FAT LEVELS AND PROTEIN LEVELS OF FRIESH HOLLAND DAIRY COW AT BATU PEOPLE’S LIVESTOCK. Journal of Animal Research and Applied Science, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.22219/aras.v4i1.28924

Issue

Section

Articles