HABITAT RAFFLESIA (Rafflesia zollingeriana Kds.) DI BLOK KRECEK RESORT BANDEALIT TAMAN NASIONAL MERU BETIRI JAWA TIMUR

Authors

  • Indra Laksana University of Muhammadiyah Malang
  • Amir Syarifuddin University of Muhammadiyah Malang
  • Nirmala Ayu Aryanti University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/avicennia.v1i2.5598

Keywords:

Rafflesia, Persebaran, Habitat, Asosiasi

Abstract

Rafflesia zollingeriana Kds. merupakan bunga langka yang mempunyai ukuran diameter 35-45 cm dan termasuk bunga yang dilindungi oleh negara. R. zollingeriana Kds. di Indonesia dapat ditemui di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur yang memang memiliki keanekaragaman vegetasi yang melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentfikasi persebaran dan habitat R. zollingeriana Kds., serta asosiasi antara R. zollingeriana Kds. dengan spesies lain yang ada di plot permanen Blok Krecek Resort Bandealit Taman Nasional Meru Betiri. Persebaran dan habitat R. zollingeriana Kds. dikaji melalui analisis vegetasi dengan menghitung Indeks Nilai Penting (INP), Indeks Kesamaan, Indeks Keragaman, Indeks Kekayaan, dan Indeks Kemerataan, serta melakukan analisis terhadap kondisi abiotik yang meliputi jenis tanah, kelembaban tanah, kelerengan, ketebalan seresah, dan pH tanah. Asosiasi antara R. zollingeriana Kds. dengan spesies lain dikaji melalui analisis kontingensi, uji chi square (x2), dan uji tingkat kekuatan asosiasi. Tercatat sebanyak 4 individu R. zollingeriana Kds. yang mengelompok pada plot 1. Habitat biotik R. zollingeriana Kds. adalah hutan hujan tropis yang tumbuh pada bagian akar dan batang inang Tegtrastigma sp, dengan spesies dominansinya bendo (Artocarpus elasticus Reinw. Bl.) sebanyak 44 individu dan jerukan (Polyalthia ruphii L.) sebanyak 48 individu. Keragaman tumbuhan pada habitat R. zollingeriana Kds. termasuk dalam kategori sedang dan kemerataan tumbuhan pada habitat R. zollingeriana Kds. termasuk dalam kategori tidak merata. Kondisi habitat abiotik R. zollingeriana Kds. dicirikan pada ketinggian 1-170 meter di atas permukaan laut, kelerengan rata-rata 80%, ketebalan seresah 7,92 cm, jenis tanah Latosol dengan kelembaban 86,67%  dan pH Netral. R. zollingeriana Kds. termasuk tumbuhan pada tipe iklim C, dengan curah hujan 1867-2397 mm/tahun. Asosiasi antara R. zollingeriana Kds. dengan vegetasi lain pada umumnya memiliki asosiasi positif, namun dari keseluruhan spesies yang telah ditemukan, asosiasi maksimum terjadi pada R. zollingeriana Kds. dengan sriwil kutil (Sterculia campanulata Jw.) dan bindung (Tetrameles mudiflora Gott.).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indra Laksana, University of Muhammadiyah Malang

Department of Forestry, University of Muhammadiyah Malang and GPA 3.72

References

Ali, M. 2014. Karakteristik Habitat Raffleisa (Rafflesia patma Blume.) di Cagar Alam Bojonglarang Jayanti Cianjur Jawa Barat. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Bismark, M. 2011. ProsedurPerasiStandar (SOP) Untuk Survey KeragamanJenisPadaKawasanKonservasi. KementerianKehutanandan ITTO. Bogor.

Lestari, D. 2013. Konservasi Rafflesia zollingeriana. Kds di Taman Nasional Meru Betiri. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Ludwig, R. 1988. Statistical Ecology. Canada: A Primer on Methods and Computing.

Muller. 1974. Aims and Method of Vegetation Ecology. New York: Wiley International Edition.

Prasetyo, F. 2016. Petunjuk Prektek Pengelolaan Hutan Tanaman. Yogyakarta: Fakultas Kuhutanan Universitas Gajah Mada.

Setiadi. 1984. Ekologi Tropika. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Sugianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Zuhud. 1989. Ecologic Study of Rafflesia zollingeriana Kds in Meru Betiri National Park. Bogor: Bogor Agricultural University.

Zuhud. 1998. Rafflesia Indonesia Keanekaragaman, Ekologi dan Pelestariannya. Bogor: Yayasan Pembina Swaka Alam dan Margasatwa Indonesia.

Downloads

Published

2019-02-13

Issue

Section

Articles