PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENJUALAN PRODUK HASIL PERTANIAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v16i1.10737Keywords:
hasil pertanian, kelompok tani, penjualan, sistem informasiAbstract
Kabupaten Tulungagung yang terletak 154 km barat daya Surabaya merupakan sebuah kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani, sehingga hasil pertanian merupakan sumberpenghasilan utamanya. Hasil pertanian yang banyak dihasilkan meliputi beras organik, jagung,beras anorganik, sayuran, buah-buahan dll. Beberapa kelompok Petani menghasilkan beberapa jenis
hasil pertanian yang secara kualitas bagus tapi karena proses penjualan melalui perantara maka harga jual relative lebih rendah. Dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui model jejaring
komunitas dan penjualan melalui E-Commerce diharapkan penjual dan pembeli maupun akan bisa langsung transaksi jual beli sehingga harga jual menjadi lebih baik dan pembeli mendapatkan hasil
pertanian yang bagus karena langsung mendapatkan barang dari petani, petani juga bisa langsung menjual ke pasar dan bisa mengetahu harga pasar. Kelompok Nature farm tulungagung terletak di desa sumberjo kulon kecamatan ngunut dan kampung tani tulungagung terletak di desa karanganom kecamatan kauman kabupaten Tulungagung merupakan kelompok yang menjual hasil pertanian langsung kepada pembeli maupun pasar dengan tujuan agar harga jual meningkat, Permasalahan yang dihadapi Mitra adalah media penjualan dan komunitas kelompok tani masih menggunakan model tradisional dengan cara pembeli langsung datang ke petani maupun pesan melalui saluran telpon. Untuk meningkatkan hasil penjualan dan memasarkan produk hasil pertanian dibutuhkan terobosan dalam bidang teknologi khususnya E-Commerce berbasis komunitas kelompok tani. Perkembangan teknologi saat ini menuntut sumber daya manusia untuk dapat mengikuti pemanfaatan teknologi.
Salah satu perkembangan teknologi yang cukup banyak dimanfaatkan adalah sistem informasi / website sebagai media penjualan dan sosial media. Tujuan dari Program Pengabdian Masyarakat Internal ini adalah untuk meningkatkan hasil penjualan hasil pertanian dengan memanfaatkan media penjualan E-Commerce berbasis komunitas kelompok tani, selain bisa menjual produk hasil pertanian, update harga hasil pertanian terbaru dan bisa digunakan sharing informasi seputar pertanian karena dapat diakses dari manapun berada. Dengan adanya media online E-Commerce berbasis komunitas masyarakat atau dalam hal ini pembeli yang menginginkan berbelanja kebutuhan rumah tangga akan mendapatkan barang yang berkualitas baik dan harga bersaing. Sistem Media online E-Commerce berbasis komunitas diharapkan memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan keuntungan/profit kelompok petani dan untuk pembeli mendapatkan harga yang lebih murah karena proses pembelian tidak melalui perantara.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-05-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.