BATIK KULIT DAN PRODUK BARANG-BARANG BATIK KULIT SEBAGAI PRODUK BERCIRI INDONESIA

Authors

  • Wehandaka Pancapalaga
  • Endang Sri Hartati
  • Khusnul Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v10i0.1761

Abstract

Pancapalaga W1, Endang Sri Hartati2 dan Khusnul Khotimah3

1,2 & 3Staf Pengajar. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang .
Alamat Korespondensi : Jl. Raya Tlogomas 246 Malang
Email: pwehandaka@yahoo.com

ABSTRAK

Produk batik kulit dipasaran belum banyak, produk kulit samak dipasaran pada umumnya
diberi warna polos tanpa ada motif ataupun sentuhan batik. Jadi keunikan produk kulit samak yang
dihasilkan Jurusan Peternakan UMM ini yaitu menghasilkan kulit samak yang lemas tapi daya
tariknya kuat, cat yang tidak mudah luntur, ada sentuhan motif batik dalam pewarnaan kulit samaknya
dan barang barang kulitnya.
Sebagai sumber inspirasi dalam usaha batik kulit dan barang-barang kulit yang berbahan batik
kulit adalah produk batik yang sudah mendunia dan diakui oleh UNESCO sebagai budaya tak benda
warisan manusia (Representative List of Intangible Cultural Heritage) pada tahun 2009. Sedang
disisi lain produk kulit samak dan barang kulit samak di Indonesia daya saing rendah akibat rendahnya
inovasi. Inovasi dapat ditemukan dengan cara memproduksi kulit samak dengan motif batik yang
telah dikenal dunia.
Metode yang digunakan dalam menghasilkan suatu produk kulit samak dengan motif batik dan
menghasilkan produk barang-barang batik kulit menggunakan metode difusi iptek. Ketiga faktor
iptek antara lain lilin batik yang cocok untuk media kulit, bahan pewarna batik yang cocok untuk
pewarnaan di kulit dan bahan pelepasan lilin yang tepat untuk kulit yang akan didifusikan untuk
menghasilkan produk batik kulit dan barang-barang batik kulit di Jurusan Peternakan UMM.
Pengumpulan data menggunakan teknik survey dan sistem angket untuk mengetahui sejauh
mana produk batik kulit dan barang barang kulit yang dipasarkan dapat diterima oleh konsumen.
Data terkumpul dianalisis secara deskriptif. Daya terima produk batik kulit untuk remaja dan dewasa
dengan motif parang daya terimanya termasuk dalam kategori yang tinggi dengan mean ideal sebesar
8,0; dan standar deviasi 0,6
Kesimpulan target gross profit untuk tahun pertama belum terpenuhi, hal ini disebabkan
produk masih baru sehingga lebih banyak terserap untuk pengenalan atau promo produk baru.
Produk batik kulit dan barang barang batik kulit dapat diterima baik kalangan remaja maupun dewasa,
hanya saja motif batik dibuat lebih gaul, lebih trendy dan populer, Adanya integritas kegiatan usaha
produk batik kulit di Jurusan Peternakan dengan kegiatan akademis melalui program Praktek Usaha
Peternakan.
Dampak dan manfaat dari usaha produk batik kulit dan barang-barang batik kulit sangat dirasakan
oleh jurusan dan mahasiswa sebagai pelatihan usaha dan pembentukan jiwa kewirausahaan baik bagi
lembaga jurusan maupun dosen dan mahasiswa.

Kata Kunci : Batik kulit, motif gaul, barang batik kulit

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-02-27

Issue

Section

Articles