IPTEKS BAGI MASYARAKAT GURU AGAMA DAN PKN DALAM PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DI DUA KELOMPOK SD MUHAMMADIYAH KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v11i0.1834Abstract
Zuriah N1, Rahmad Widodo2 & Nurbani Yusuf3
Staf Pengajar. 1,2&3Jurusan PPKN, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Malang
Email: 1) zuriahnurulzuriah@yahoo.com
ABSTRAK
Di Indonesia tuntutan dan kebutuhan akan pelaksanaan pendidikan karakter saat ini memang
dirasakan mendesak. Gambaran situasi masyarakat bahkan situasi dunia pendidikan di Indonesia
menjadi motivasi pokok pengarusutamaan (mains-treaming) implementasi pendidikan karakter di
Indonesia. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif,
berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis,
berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman, dan takwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
Persoalan yang mendasar implementasi pendidikan karakter di lapangan adalah terletak pada
masalah habituasi atau pembiasaan untuk menumbuhkan dan mengembangkan perilaku berkarakter
yang sesuai dengan budaya bangsa sebagaimana ditetapkan dalam kurikulum dan pembelajaran di
sekolah serta pembiasaan sehari-hari di masyarakat.
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dihasilkannya rumusan Silabus dan
RPP berkarakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Kewarganegaraan
(PKn) di SD Muhammadiyah 4 dan 5 Kota Batu sebagai bentuk peningkatan wawasan dan
profesionalisme guru melalui inovasi guru dalam pembelajaran, dan terbangunnya sikap dan perbuatan
bagi habituasi pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran PAI dan
PKn. Di samping itu Guru PAI dan PKn di dua kelompok SD Muhammadiyah Kota Batu yang dibina
dan didampingi dapat menyelesaikan permasalahan habituasi pelaksanaan pendidikan budaya dan
karakter bangsa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Bentuk pelaksanaan program sebagai realisasi pemecahan masalah terwujud dalam kegiatan
periodik dan terjadwal melalui kegiatan workshop dan pendampingan penyusunan silabus dan RPP,
pendampingan praktek pembelajaran dikelas dan pendampingan penyusunan The best practice
Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa di dua kelompok SD sasaran program.
Hasil penyelenggaraan Program Pengabdian ini adalah berkembangnya wawasan dan kompetensi
peserta program terkait dengan konsep teoritik pendidikan karakter dan budaya bangsa, penyusunan
silabus dan RPP berkarakter yang terwujud dalam rumusan silabus dan RPP PAI dan PKn berkarakter
dan laporan the best practices implementasi pendidikan karakter dan budaya bangsa di masingmasing
sekolah peserta program, yaitu SD Muhammadiyah 04 dan SD Muhammadiyah 05 Kota
Batu.
Kata Kunci: pendidikan karakter, habituasi, Silabus, RPP, PAI dan PKn
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.