IbM TENTANG PEMAHAMAN LIYAN BAGI STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v12i0.2482Abstract
IbM TENTANG PEMAHAMAN LIYAN BAGI STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Sri Hartiningsih1, Thathit Manon Andini2, Erly Wahyuni3
1,2,3Jurusan Bahasa Inggris, FKIP-UMM
Email : 1)malangharti2001@yahoo.com, 2)bhsing06@yahoo.co.id, 3)erlywahyuni@ymail.com
ABSTRAK
Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris mutlak diperlukan oleh pihak yang ada pada Universitas Muhammadiyah Malang khususnya staf di perpustakaan karena perpustakaan adalah jendela dunia dan pengunjung perpustakaan adalah mahasiswa maupun dosen, baik orang Indonesia maupun orang asing yang mempunyai budaya yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan pelatihan pemahaman liyan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman karena sopan di suatu budaya belum tentu sopan di budaya yang lain. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh staf perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang seperti (1) Kenyataan yang ada di lapangan adalah bahwa saat ini masih belum banyak staf yang menguasai bahasa Inggris terutama mereka yang langsung berhadapan dengan pengunjung, (2) sebagian staf kurang berminat mempelajari dan membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris di lingkungan perpustakaan karena dianggap sulit dan memakan waktu. Alternatif yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah; (1) memberikan pelatihan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris bagi staf perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang, (2) memberikan pelatihan pemahaman liyan. Luaran dari pengabdian ini berupa (1) kemampuan merespon ungkapan – ungkapan sederhana yang terkait dengan kegiatan di perpustakaan dan (2) adanya inisiatif untuk berbicara bahasa Inggris.
Kata kunci: Pelatihan, Komunikasi, Bahasa Inggris, Pemahaman Liyan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.