Pendampingan Pengolahan Limbah Ternak Sebagai Sumber Energi (Biogas) Menuju Usaha Peternakan Berwawasan Lingkungan Pada Kelompok Ternak Sapi Perah Desa Beji Kec. Junrejo Kota Batu

Authors

  • Lili Zalizar
  • Sujono Sujono
  • Ahmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v7i0.490

Abstract

Dusun Karangjambe Desa Beji terdapat 250 KK, 50 KK diantaranya memiliki 153 sapi perah, umumnya lokasi kandang berdampingan dengan rumah sedangkan limbah ternak dibiarkan menumpuk di dekat kandang dan dibuang ke sungai yang kemudian mencemari Iingkungan berdampak pada kerusakan lingkungan.
Limbah ternak yang dihasilkan di dusun Karangjambe desa Beji sekitar 1,5 ton/hari dan 153 sapi perah merupakan potensi biogas dan pupuk organik yang besar. Permanfaatan limbah tersebut dapat terwujud dengan memberikan pendampingan cara pengolahan limbah ternak kepada peternak yang selama ini belum banyak memperoleh pengetahuan dan pengalaman untuk itu.
Pendampingan ini dilakukan selama 6 bulan dengan beberapa tahapan. Tahapan pertama berupa sosialisasi dan pengenalan teknologi pengolahan limbah. Tahap kedua pelatihan dan pendampingan perancangan serta perakitan instalasi biogas. Tahap ketiga uji coba dan pendampingan penggunaan instalasi biogas dan pupuk organik.
Output dan hasil pendampingan ini adalah telah dibuat 3 unit biogas untuk 3 rumah tangga peternak yang telah beroperasi dengan baik dan telah dihasilkan pupuk organik 150 kg/hari. Peternak di desa Beji telah menyadari pentingnya pengolahan limbah ternak dikarenakan dapat menghasilkan pupuk organik, biogas, dan lingkungan sekitar ternak juga kandang menjadi lebih bersih, lebih sehat.
Diharapkan dan hasil pendampingan ini, peternak-peternak yang lain akan membuat instalasi biogas dan pupuk organik secara mandiri agar tercipta suatu keuntungan yang berlipat selain lingkungan desa Beji bersih dan sehat ada manfaat dan penggunaan biogas dan penggunaan pupuk organik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Issue

Section

Articles