IBM PENINGKATAN DAYA SAING PENGUSAHA TRAVEL DI MALANG RAYA

Authors

  • Yufis Azhar

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v15i0.6438

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan modal menjadi salah satu faktor utama
dalam ketahanan suatu usaha, demikian pula usaha travel. Banyak pengusaha travel
dengan modal kecil akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing
dengan usaha sejenis yang memiliki modal besar. Perlu ada strategi jitu dari
pengusaha-pengusaha dengan modal kecil ini agar usahanya tetap eksis meskipun
dengan dana yang minim. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan
penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada
konsumen serta alat bantu untuk memasarkan jasanya. Sistem aplikasi mobile yang
dapat digunakan oleh konsumen untuk memesan jasa layanan travel dapat menjadi
jawaban atas permasalahan tersebut. Dengan penggunaan aplikasi ini, diharapkan
kualitas pelayanan pada konsumen bisa meningkat, sehingga berpengaruh terhadap
penambahan kuantitas konsumen yang dapat dilayani. Selain itu, diusulkan pula
suatu konsep pemasaran baru yang terinspirasi dari skema MLM (Multi Level
Marketing) yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik atau alat
kesehatan dalam memasarkan produknya. Sistem pemasaran ini juga akan dibantu
oleh aplikasi mobile agar mudah penggunaannya. Diharapkan dengan adanya
sistem pemasaran seperti ini, pangsa pasar dari suatu usaha travel akan lebih luas
sehingga kuantitas konsumen yang menggunakan jasa travel tersebut juga akan
semakin bertambah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-18

Issue

Section

Articles