PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LABORATORIUM UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN BAGI GURU IPA BIOLOGI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v8i0.690Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh gurusebelum mereka melakukan proses pembelajaran, termasuk di laboratorium. Meskipun telah
jelas betapa pentingnya melakukan persiapan melalui pengembangan perangkat pembelajaran,
masih banyak kendala yang dihadapi sekolah atau guru, salah satunya SMP Muhammadiyah 1
Malang. Guru tidak sempat membuat rencana pembelajaran karena jam mengajar sangat padat.
Hal ini terjadi karena guru biologi hanya 1 orang dan berarti harus mengajar semua kelas (9
kelas). Sekolah tidak memiliki tenaga khusus untuk mengurus laboratorium, guru yang biasanya
membimbing praktik di Laboratorium dan sekaligus menjadi laboran. Berdasarkan observasi
dan wawancara dengan guru terungkap bahwa guru hanya melaksanakan kegiatan pengajaran
dengan menggunakan metode ceramah dan jarang melakukan praktikum di Laboratorium.
Penggunaan metode ceramah mengakibatkan ide dan keterampilan psikomotor siswa sulit
disalurkan, sehingga kemampuan siswa tidak berkembang dan tujuan belajar yang dicapai kurang
optimal. Oleh karena itu maka secara terperinci tujuan dari pengabdian ini adalah sebagai berikut:
1) Mendeskripsikan pembelajaran IPA biologi di SMP Muhammadiyah 1 Malang yang dilakukan
selama ini; 2) Memberikan pendampingan sehingga guru IPA Biologi dapat mengembangkan
perangkat pembelajaran laboratorium.
Berdasarkan rancangan realisasi pemecahan masalah pada kegiatan pendampingan
pengembangan perangkat pembelajaran laboratorium ini, maka berikut diuraikan metode yang
digunakan adalah: 1) Pelatihan dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran laboratorium; 2)
Pelatihan dan praktek pembuatan berbagai preparat awetan biologi (media pembelajaran), teknik
pengamatan dan teknik penggunaan alat-alat terkait; 3) Pendampingan pembuatan perangkat
pembelajaran laboratorium; 4) Pendampingan pembuatan awetan biologi; 5) Praktik Pembelajaran
di Laboratorium (Open Lesson Praktikum).
Gambaran atau realita pembelajaran IPA biologi di SMP Muhammadiyah 1 Malang yang
dilakukan selama ini adalah guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan jarang
melakukan praktikum di Laboratorium. Permasalahan utama yang dihadapi guru adalah tidak
dapat membuat perangkat pembelajaran secara maksimal sesuai tuntutan KTSP. Guru hanya
membuat perangkat pembelajaran sebagai dokumen pelengkap tidak digunakan dengan
sesungguhnya, tidak menjadi patokan atau acuan yang benar-benar menjadi pemandu dalam
pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan pendampingan yang dilakukan memberikan hasil yang positif karena guru IPA
Biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang dapat mengembangkan perangkat pembelajaran
laboratorium dan bahkan telah mempraktekkannya dalam kegiatan pembelajaran riil (praktikum
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2012-05-01
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.